Sejarah Singkat

Program Studi Agribisnis bernaung dibawah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, berdiri sejak Tahun 2007 melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 163/DIKTI/Kep/2007 yang merupakan restrukturisasi dari PS Sosial Ekonomi Pertanian.

Selain itu perubahan tersebut bukan hanya sekedar perubahan nama, melainkan perubahan yang bersifat menyeluruh meliputi perubahan visi, misi dan tujuan, kurikulum, proses pembelajaran, penggunaan sumberdaya manusia, infrastruktur dan jejaring kerja. Perubahan proses pembelajaran Sejak tahun akademik 2008/2009 Program studi Agribisnis menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran yang bersifat Student Centered Learning (SCL). Mulai tahun akademik 2014/2015, kurikulum berbasis kompetensi ini mengalami penyesuaian pula dengan munculnya Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT).


Kurikulum | Dosen | Pendaftaran


Deskripsi Program Studi Agribisnis

Perubahan menyeluruh dalam penyelenggaraan pendidikan pada Program studi agribisnis Fakultas Pertanian tersebut dituangkan dalam visi, misi dan tujuan program studi agribisnis sebagai berikut :

Visi

Visi

“ Menjadi program studi agribisnis terkemuka secara internasional pada tahun 2026,menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi, berdaya saing dan memiliki kearifan terhadap kondisi sosial, ekonomi dan budaya lokal “.

Misi

Misi

  1. Melaksanakan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan sarjana profesional yang menguasai kemampuan soft-skill dan hard-skill dalam merancang kegiatan dan mengembangkan usaha agribisnis.
  2. Memberikan peluang kepada petani dan usaha kecil untuk lebih banyak terlibat pada proses modernisasi pasar dan industrialisasi produk pertanian menghadapi persaingan global, melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Memberikan kontribusi nyata terhadap pengembanganilmu pengetahuan dan teknologi untukmeningkatkan kinerja sistem agribisnis sehingga mampu memberikan kesejahteraan pada masyarakat pertanian
  4. Menghasilkan sarjana agribisnis yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang tinggi.
  5. Memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang agribisnis.
  6. Memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan keberlanjutan pembangunan pertanian/agribisnis yang melibatkan petani kecil dengan kondisi sosial budaya yang dinamis pada komoditas pangan dan hortikultura unggulan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemikiran, pendidikan dan penelitian.

Tujuan

Tujuan

Program Studi agribisnis memberikan bekal kompetensi (hard-skills dan soft-skills) kepada mahasiswa dan lulusan. Kompetensi yang diharapkan dari lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran adalah mampu menjadi :

  1. Manajer agribisnis profesional.
  2. Pengusaha/pelaku agribisnis yang handal
  3. Akademisi dan konsultan profesional di sektor agribisnis
  4. Birokrat dan perencana pembangunan
  5. Fasilitator pemberdayaan masyarakat (LSM)

Berdasarkan hal tersebut kompetensi utama lulusan program studi agribisnis adalah sebagai berikut : 

Profil/Peran

Kompetensi Utama

Manajer Usaha

Mampu merancang alokasi sumber daya alam, manusia, modal dan sosial untuk meningkatkan efisiensi operasi sistem agribisnis

Mampu bekerjasama dalam tim yang multidisiplin.

Memiliki pemahaman etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan

Pengusaha (Pelaku Usaha)

Mampu merancang pengoperasian dan pengembangan unit usaha agribisnis ”baru” yang inovatif, menciptakan nilai tambah dan berwawasan lingkungan

Mampu mengidentifikasi dan berani mengambil risiko serta mampu mengantisipasi ketidakpastian pada sistem operasi agribisnis

Fasilitator/ Perencana Pembangunan

Memiliki kepekaan pada persoalan/masalah sosial budaya masyarakat terkait dengan pengembangan agribisnis

Mampu merumuskan strategi serta penggunaan metode dan sumber daya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi tantangan pengembangan agribisnis masa depan

Mampu memfasilitasi dialog dalam dan antar kelompok pemangku kepentingan agribisnis untuk mendukung proses perumusan dan keberlanjutan kebijakan yang melibatkan peran serta masyarakat

Akademisi/
Konsultan

Mampu berpikir analitis dan sintetis untuk mengevaluasi dan memberikan solusi pengembangan pada sistem operasi agribisnis

Mampu bernegosiasi dan berkomunikasi secara efektif dengan pemangku kepentingan dalam pengembangan sistem operasi agribisnis

 

Laboratorium

Laboratorium yang Dimiliki

Untuk menunjang kegiatan pendidikan/pembelajaran, praktikum, penelitian dan pengabdian/pelayanan kepada masyarakat, PS Agribisnis memusatkan kegiatan pada laboratorium guna mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa dan lulusan. Selain itu fungsi dari laboratorium adalah untuk mengembangkan minat mahasiswa terhadap profesi di bidang agribisnis melalui pembentukan klub yang dibina oleh laboratorium.Beragam kegiatan yang meliputi praktikum, analisis, pengujian, pelatihan, simulas, dan penelitian telah dilakukan di laboratorium-laboratorium yang berada di lingkungan PS Agribisnis. Laboratorium-laboratorium tersebut meliputi:

  1. Laboratorium Agribisnis
  2. Laboratorium Pembangunan Pertanian
  3. Laboratorium Sosiologi dan Komunikasi Pertanian

Keberadaan laboratorium tersebut selain digunakan sebagai penunjang proses belajar mengajar dan mengemban visi, misi dan tujuan program studi juga untuk menciptakan kegiatan usaha di lingkungan kampus dengan didukung berbagai kegiatan antara lain dengan mengundang pelaku untuk datang terlibat dalam proses belajar mengajar melalui kuliah, dialog, diskusi dan sharing pengalaman.

Fasilitas

Fasilitas yang Dimiliki

Lokasi kampus

Kampus PS Agribisnis berada di lingkungan Kampus Unpad Jatinangor, Jalan Raya Bandung Sumedang km 21 Jatinangor Sumedang 45363. PS Agribisnis menempati gedung dalam kegiatan proses belajar mengajar di Fakultas Pertanian Unpad, antara lain gedung dekanat , gedung Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, gedung ex. D III (Pedca Utara), gedung perpustakaan dan multimedia (3 lantai), dan gedung Student Centre (2 lantai). Gedung-gedung di Fakultas Pertanian Unpad terhubung satu sama lain dan di kelilingi dengan pepohonan rindang, taman-taman kecil, rumput-rumputan dan bunga-bunga yang tertata dengan asri, membuat suasana dan lingkungan yang sangat nyaman dan kondusif untuk proses pembelajaran sehingga tercipta akademik atmosfir yang unggul.

Fasilitas Administrasi

Kegiatan administrasi secara umum dilakukan di gedung Dekanat dan gedung jurusan yang ada di Fakultas Pertanian Unpad kampus Jatinangor. Di gedung dekanat juga terdapat ruang Ketua dan Sekretaris Program Studi beserta tenaga administrasi yang melayani keperluan mahasiswa. Di gedung ini pula beberapa kegiatan administrasi pendidikan/akademik dilakukan seperti untuk urusan KRS (kartu rencana studi) online, herregistrasi, perkuliahan, surat izin, pengurusan tugas akhir, praktek lapang/magang, KKNM (kuliah kerja nyata mahasiswa), dan pendaftaran wisuda. Selain itu juga adminsitrasi untuk urusan kegiatan kemahasiswaan, yang meliputi pengajuan kegiatan kemahasiswaan: minat, bakat, penalaran dan kesejahteraan (beasiswa), administrasi sumberdaya manusia (tenaga pendidik dan kependidikan) dan keuangan dapat dilakukan di gedung dekanat ini.

Fasilitas Perkuliahan

Kegiatan perkuliahan diselenggarakan di 5 (lima) gedung Fakultas Pertanian Unpad Jatinangor, gedung Student Centre, gedung Ex. D-III dan gedung PPBS (Pusat Pelayanan Basic Science).

Perpustakaan dan Internet

Fakultas Pertanian Unpad, dalam hal ini PS Agribisnis memiliki gedung perpustakaan dan multimedia sebagai gedung pusat Information and Communication Technology (ICT) yang menyediakan fasilitas-fasilitas berupa buku teks, buku ajar, jurnal, laboratorium komputer, ruang server, ruang workshop, dan ruang pusat informasi database dan jaringan. Di setiap gedung sudah terpasang jaringan lokal (LAN) baik menggunakan media kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless) dengan fasilitas hotspot. Setiap gedung terhubung melalui jaringan intranet fakultas yang terintegrasi dengan sistem informasi manajemen, sehingga akses data secara timbal balik diantara semua gedung di fakultas dapat terlayani. Selanjutnya dari pusat kendali jaringan fakultas terkoneksi ke jaringan intranet Unpad yang terintegrasi dengan berbagai sistem informasi manajemen di level universitas. Kemudian di pusat kendali jaringan universitas tersambung on-line ke jaringan internet. Terbentuknya jaringan intranet di fakultas yang terkoneksi dengan intranet Unpad dan internet merupakan peluang bagi seluruh sivitas akademika untuk memanfaatkan berbagai keperluan peningkatan dan publikasi akademis dan bahan ajar dari seluruh penjuru dunia. Bandwith intranet dan internet antara 4,26 Mbps sampai 9,37 Mbps.

Prospek Kerja

Pendidikan Lanjutan yang dapat Ditempuh

Lulusan program sarjana PS Agribisnis Unpad dapat melanjutkan studi ke program Magister (pasca sarjana), baik di dalam maupun luar negeri, dengan mengambil spesialisasi Magister Pertanian, Magister Ekonomi, Magister Manajemen dan lain sebagainya.

Prospek Kerja

  • Pengusaha atau pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan.
  • Pengusaha atau pelaku bisnsi pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, dll.
  • Perkebunan-perkebunan baik pemerintah dan swasta.
  • Industri perbenihan, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional.
  • Kementerian pada Pemerintah Pusat dan berbagai badan dan pusat penelitiannya (Penelitian dan Pengembnagan/Litbang).
  • Pemerintahan Daerah (PEMDA) dengan dinas-dinas teknisnya.
  • Lembaga pembiayaan seperti bank-bank Pemerintah dan Swasta.
  • Akademisi dan peneliti di Perguruan Tinggi ataupun lembaga riset (pemerintah ataupun swasta).
  • Industri pangan, pakan, farmaka dan biodiesel.
  • Konsultan profesional di sektor pertanian/perkebunan.
  • Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)
  • Badan Pertanahan Nasional (BPN).
  • Fasilitator pemberdaya masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis/pertanian.

Kerjasama

 

Kerjasama yang telah terjalin sampai saat ini meliputi:

No

Nama Instansi

Jenis Kegiatan

Kurun Waktu

Manfaat yang Telah Diperoleh

Mulai

Berakhir

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

 

Kerjasama dalam Negeri

1

Bapeda Majalengka

Penelitian

2008

2008

Meningkatkan wawasan dosen dan asisten yang terlibat melalui kondisi empiris pembangunan Kab. Majalengka

2

Badan Ketahanan Pangan Kab Bandung

Penelitian

2008

2008

Meningkatkan wawasan dosen dan asisten yang terlibat melalui kondisi empiris ketahanan pangan Kab. Bandung

3

Bank Indonesia Bandung

Penelitian

2008

2011

Meningkatkan wawasan dosen dan asisten yang terlibat melalui kondisi empiris perberasan Prop. Jawa Barat

   

Pengabdian Masyarakat

2008

2011

Prospek Pengembangan Kedelai di Jawa Barat, Kerjasama dengan Bank Indonesia

4

P4S Karang sari Ciamis

Pelayanan/ Pengabdian Masayarakat

2008

2008

Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan para dosen dan asisten yang terlibat dalam pengembangan P4S Karang sari Ciamis

5

Dinas Tanaman Pangan Jabar

Pelayanan Pengabdian Masyarakat

2008

2011

Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan para dosen dan asisten yang terlibat dalam pengembangan Tanaman Pangan Jabar

6

Badan Diklat Jabar

Pelayanan Pengabdian Masyarakat

2008

2008

Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan para dosen dan asisten yang terlibat dalam pengembangan pertanian Jabar

7

Satlak PPM IPM Kab Bandung

Pelayanan/Pengabdian Masyarakat

2008

2010

Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan para dosen dan asisten yang terlibat dalam pengembangan IPM Kab. Bandung

8

Dep Pertanian RI dan IFAD

Penelitian

2008

2008

Analisis Dampak Program Participatory Intergraded Development Rainfed Area (PIDRA)

9

Bappeda Kab. Sarmi Papua Barat

Penelitian

2009

2009

Karakteristik Potensial Lahan bagi Pengembangan Komoditi Kakao di Kabupaten Sarmi Provinsi Papua Barat melalui Pendekatan Evaluasi Lahan

10

Dinas Pertanian Kabupaten Bandunng

Penelitian

2008

2008

Rencana Strategis Pembangunan Sektor Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bandung Tahun 2008 – 2018, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung

11

Dikti

Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

2009

2011

Meningkatkan wawasan dosen dan asisten yang terlibat melalui kondisi empiris di lapangan

12

Balitbang Banten

Penelitian

2009

2009

Meningkatkan wawasan dosen dan asisten yang terlibat melalui kondisi empiris lapangan di Prop. Banten

13

Sucofindo

Penelitian

2009

2011

Meningkatkan wawasan dosen dan asisten yang terlibat melalui kondisi empiris di lapangan

14

Bappeda jabar

Pelayanan/Pengabdian Masyarakat

2009

2009

Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan para dosen dan asisten yang terlibat dalam pembangunan pertanian Prop. Jabar

15

BDAH ( Balai Diklat Agribisnis Hortikultura) Lembang

Pendidikan dan Pembimbingan

2004

2009

Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan para dosen yang terlibat pada Agribisnis Hortikultura.

 

Kerjasama Luar Negeri

16

USAID-Amarta

Penelitian

2008

2008

Meningkatkan pengalaman dan wawasan dosen dan peluang untuk mengikuti seminar internasional

     

2008

2008

Workshop on Bridging The Gap Between Small Farmers and Supermarket in Horticulture Supply Chain

17

USAID-BACET

Pelayanan/Pengabdian Masyarakat

2007

2008

Mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan para dosen dan asisten yang terlibat dalam pengembangan kawasan pertanian dan memberikan peluang mengikuti kegiatan internasional

18

USAID AMA CRSP

Penelitian

2007

2011

Access to Modernizing Value Chains by Small Farmers in Indonesia and Nicaragua.

19

ACIAR- IFPRI, 2008-2011. In collaboration with the University of Adelaide and Michigan State University

Penelitian

2008

2011

Markets for high-value commodities in Indonesia: Promoting Competitiveness with Iinclusiveness

20

IIED UK-HIVOS Netherland

Penelitian

2010

2011

Business Strategy of Modern Retail in Respond to Regional Free Trade Agreement (China-ASEAN Free Trade Agreement): Opportunity or Threat for Small Producer. Knowledge Programme: Small Scale Producer’s Agency in Globalized Market

21

USAID-Amarta

Pelayanan/pengabdian Masyarakat

2009

2009

Meningkatkan pengalaman dan wawasan dosen dan peluang untuk mengikuti seminar internasional

22

ACiar-IFPri Universitas Adelaide-MSU

Penelitian

2008

2012

Memberi peluang kepada dosen untuk study life di Adelaide (Prog. PAR, sandwich)

23

USAID AMA CRSP

Penelitian

2007

2011

Meningkatkan pengetahuan dosen dan asisten yang terlibat serta memberikan kesempatan untuk mengikuti seminar internasional

Prestasi Dosen

Prestasi Staf Pengajar PS Agribisnis

No

Nama Dosen

Prestasi yang Dicapai

Waktu Pencapaian

Tingkat (Lokal, Nasional, Internasional)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1

Tuhpawana Priatna Sendjadja

Menulis buku : eksternalitas pencemaran sumberdaya air : teori dan aplikasi, UNPAD Press

2010

Nasional

   

Menulis buku : Gaya Hidup hedonis, Unpad press

2010

Nasional

   

Menulis buku : “Pengantar Ilmu Pertanian” Graha Ilmu

2011

Nasional

         

2

Maman Haeruman K

Menulis Buku “Ekonomi Perberasan Jawa Barat”, BPTP Jawa Barat

2010

Nasional

         
 

Engkus Kusnadi Wikarta

Menulis Buku “Eksternalitas Pencemaran Sumber Daya Air”

5 tahun (2011)

Nasional

         

4

Lies Sulistyowati

Memperoleh : Sertifikat Pendidik

2009

Nasional

         

5

Yosini Deliana

Dosen Berprestasi juara dua di tingkat Fakultas Pertanian UNPAD tahun 2009

5 tahun

Lokal

   

International Society for Horticultura Science (ISHS)

4 tahun

Internasional

         

6

Ronnie S Natawidjadja

Impact of Climate Change On Food Security, Income Distribution And Adaptive Responses Of Small Farmers In Indonesia

1 tahun (2009)

Australia-Indonesia Governance Research Partnership (AIGRP) Research Project. (internasional

   

Markets for high-value commodities in Indonesia: Promoting Competitiveness with Iinclusiveness

2008-2012 (On going project research ).

ACIAR- IFPRI. (internasional)

   

Access to Modernizing Value Chains by Small Farmers in Indonesia and Nicaragua.

2007-2011 (On going project research)

USAID AMA CRSP. (Internasional)

   

Analisis Sistem Inovasi dan Difusi Teknologi Pada Agroekologi Padi Sawah di Jawa Barat

8 bulan (2007)

Kerjasama Kemitraan Penelitian pertanian dengan Perguruan Tinggi  (KKP3T)

   

Agriculture Working GroupAsia Pacific Advanced Network (APAN)

Peb 2000 - sekarang

 
         

7

Yayat Sukayat

Perintis asosiasi Sosiologi & Penyuluhan Pertanian Indonesia

Tahun 2012

Penggiat Sosiologi dan penyuluhan Pertanian Seluruh Indonesia

   

Piagam Satyalancana Karya Satya XX Th dari presiden RI

2007

Nasional

         

8

Tuti Karyani

Menulis Buku : Lembaga Keuangan di Perdesaan (Permasalahan dan Solusi) ISBN 978-062-8743-94-5, Unpad Press

2011

Nasional

         

9

Deddy Ma’mun

Satyalancana Karya Satya XXX

2009

Nasional

   

Satya Karya Bhakti Kelas I

2010

Lokal

   

Satya Karya Bhakti Pendidikan

2010

Lokal

         

10

Lucyana Trimo

Menulis Buku “Resolusi Konflik dengan Masyarakat Perkebunan oleh Perusahaan Perkebunan, Unpad Press

2011

Nasional

         

11

Trisna Insan Noor

Pengembangan Kebijakan Rantai Pasokan Industri Perberasan Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Jawa Barat

2010

Riset Unggulan Strategis Nasional Dikti Depdiknas (Nasional)

   

USAID AMARTA Partner for Horticulture value chain development programme

2011

Kerjasama Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan dengan USAID-AMARTA periode ke 1 (internasional)

   

Agribusines Market and Support Activity for Small Farmers in West Java

2012-2014

Kerjasama Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan dengan USAID-AMARTA

   

Production System of Potato Seed Multiplication for Small Scale Farmer in West Java

3 tahun

Kerjasama Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan dengan Syngenta Foundation for Sustainable Agriculture (SFSA)

         

12

Eti Suminartika

Menulis buku “Demand and productivity” LAP Lambert Academic Publishing GmbH and Co. KG Saarbrucken, Germany, Printed UK, USA

2012

Internasional

         

13

Tomy Perdana

Rancangbangun Simulator Kebijakan Pengembangan Manajemen Rantai Pasokan Industri Perberas untuk Mewujudkan Ketahnan Pangan Jawa Barat

8 Bulan (2009)

Riset Unggulan Strategis Nasional Dikti Depdiknas (Nasional)

   

Dosen Berprestasi I Universitas Padjadjaran

14 tahun

Lokal

   

Agribusines Market and Support Activity for Small Farmers in West Java

3 tahun (2012-2014)

Kerjasama Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan dengan USAID-AMARTA

   

Production System of Potato Seed Multiplication for Small Scale Farmer in West Java

3 tahun (2012-2014)

Kerjasama Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan dengan Syngenta Foundation for Sustainable Agriculture (SFSA)

         

14

Hepi Hapsari

Kajian Model Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Ketahanan Pangan Keluarga Miskin di Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat

8 bulan (2009)

Riset Unggulan Strategis Nasional Dikti Depdiknas (Nasional)

         

15

Endah Djuwendah

Kajian Model Program Peningkatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Miskin di Wilayah Pesisir Kab. Cirebon Propinsi Jawa Barat

8 bulan (2009)

Hibah kompetitif Prioritas Nasional (Dirjen DIKTI)

         

16

Iwan Setiawan

Perintis Asosiasi Sosiologi dan Penyuluhan Pertanian Indonesia

5 bulan (2012)

Penggiat Sosiologi dan Penyuluhan Pertanian Seluruh Indonesia

   

Menulis buku “Agribisnis Kreatif: Landasan Teori dan Praktik Kemakmuran Hijau (Green Prosperity)

5 tahun (2012)

Nasional (diterbitkan oleh Penebar Swadaya)

   

Menulis buku “Dinamika Pemberdayaan Petani: Sebuah Refleksi dan Generalisasi Kasus di Jawa Barat”

10 tahun (2012)

Nasional (diterbitkan oleh Widya Pajajaran)

         

17

Eddy Renaldi

Agribusines Market and support activity for small farmers in west java

2012-2014

Kerjasama Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan dengan Syngenta Foundation for Sustainable Agriculture (SFSA)

   

Production system of Potato Seed multiplication for small scale farmer in west java

2012-2014

Kerjasama Puslitbang Inovasi dan Kelembagaan dengan Syngenta Foundation for Sustainable Agriculture (SFSA)

         

18

Dika Supyandi

Executive dean’s Commendation for outstanding study achievement in 2007, Faculty of social and behavioral science, The University of Queensland

2007

Internasional

   

Australian Partnership Scholarship Award, Australian Government (AusAID)

2007

internasional

 

Prestasi Mahasiswa

 

Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan

Tingkat (Lokal, Regional, Nasional, atau Internasional)

Prestasi yang Dicapai

(1)

(2)

(3)

(4)

 

BEM KMFP Unpad 2007 – 2008

Lokal

Ketua

 

Pertukaran mahasiswa ke Thailand 2008

Internasional

Delegasi

 

Rapat tahunan IAAS di Jerman 2008

Internasional

Delegasi

 

Pertukaran mahasiswa dan studi komparatif kemahasiswaan ke Malaysia 2008

Internasional

Delegasi

 

Program IAAS pusat di Meksiko 2008

Internasional

Duta

 

Penampilan kesenian Sunda di Norwegia 2008

Internasional

Penari

 

Persatuan Sepakbola Fakultas Pertanian (PSFP) Unpad 2008-2009

Lokal

Ketua

 

Persatuan Bola Basket Pertanian (PERBAN) Unpad 2008- 2009

Lokal

Ketua

 

Bidang Infokom DPP POPMASEPI 2008

Nasional

Koordinator

 

DPW II POPMASEPI 2008

Regional

Ketua

 

Seminar Nasional dan Lokakarya “Mengembangkan Agroindustri Kerakyatan Berbasis Komoditas Pangan” 2008

Nasional

Penyelenggara

 

Unit Judo Unpad 2008

Lokal

Ketua

 

BEM KMFP Unpad 2008-2009

Lokal

Ketua

 

BPM KMFP Unpad 2008-2009

Lokal

Ketua

 

BPM KEMA Unpad 2008-2009

Lokal

Wakil ketua

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI bidang Kewirausahaan tahun 2008

Nasional

Lolos 4 proposal

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI bidang Pengabdian pada Masyarakat tahun 2008

Nasional

Lolos 1 proposal

 

Bidang Kewirausahaan DPP POPMASEPI 2009

Nasional

Koordinator

 

Bidang Infokom DPP POPMASEPI 2009

Nasional

Anggota

 

Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Unpad 2009-2010

Lokal

Ketua umum

 

Evaluasi PKM-GT dan PKM-AI Bidang Eksakta 2009

Lokal

Juara I dan II

 

Tim terbaik PKM bidang Kewirausahaan 2009

Lokal

Juara III

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI bidang Kewirausahaan tahun 2009

Nasional

Lolos 8 proposal didanai oleh DIKTI

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI bidang Pengabdian pada Masyarakat tahun 2009

Nasional

Lolos 3 proposal didanai oleh DIKTI

 

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) DIKTI bidang Penelitian tahun 2009

Nasional

Lolos 1 proposal didanai oleh DIKTI

 

Tim terbaik PKM bidang Pengabdian pada Masyarakat 2009

Lokal

Juara II

 

Music Project International Released 2009

Internasional

Delegasi

 

TUNZA International Children & Youth Conference In Environment 2010

Internasional

Facilitator

 

Business plan Innovation Food and Business Plan Innovation Festival 2010

Lokal

Juara I

 

IAAS Essay Competition 2010

Nasional

Juara II

 

Jitu Awards Unpad 2010

Lokal

Juara 2

 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Bali 2010

Nasional

Finalis

 

Bulutangkis FTIP Fair Unpad 2010

Lokal

Juara I

 

Peraih Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan diselenggarakan oleh Dikti 2010

Nasional

Awardee

 

Volley Ball Putera Pekan Olahraga dan Seni Unpad 2010

Lokal

Juara II

 

Peraih Program Mahasiswa Wirausaha Dikti kerjasama dengan Bank Jabar Syariah 2010

Nasional

Awardee

 

Piagam penghargaan Asosiasi Duta Wisata Indonesia atas ide dan kontribusi pelestarian kebudayaan Indonesia 2010

Nasional

Awardee

 

Universitas Padjadjaran delegate for the Indonesia Model United Nations 2010 in the committee of ASEAN Regional Forum represent Lao People’s Democratic Republic, held by Universitas Indonesia

Internasional

Delegasi

 

Univation of Padjadjaran diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Industri Pertanian 2010

Lokal

Juara II

 

Danone Trust Business Game 2011

Nasional

Peringkat 4

 

Entrepreneur Award 2011 Kategori Kuliner

 

Juara I

 

IAAS Essay Competition 2011

Nasional

Juara II

 

Pendanaan Dikti Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat 2011

Nasional

Ketua

 

Delegasi Indonesia dalam seminar Internasional Green Campaigne Sustainable of Pal Oil di Madrid,Spanyol dan Paris, Perancis 2011

Internasional

Delegasi

 

International Youth Forum 2011

Internasional

Delegasi

 

Lomba artikel HMPPI 2011

Nasional

Juara I

 

Lomba essai Unpad 2011

Lokal

Juara I

 

Lomba artikel dalam acara TEENS UPI 2011

Nasional

Juara II

 

Narasumber di Acara Mata Mahasiswa di TVRI Nasional 2011

Nasional

Narasumber

 

Lomba Karya Tulis Ilmiah, POPMASEPI ESSAY COMPETITION 2011

Nasional

Juara 2

 

Lomba Karya Tulis Beswan Djarum 2011

Nasional

12 besar

 

The Best Paper & Presentation Unpad 2011

Lokal

Juara 2

 

Program Ajou University Student Student Exchange to South Korea 2011

Internasional

Delegasi

 

Peraih Program Inkubator Bisnis Kewirausahaan Universitas Padjadjaran 2011

Lokal

Awardee

 

PKMM Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Makasar 2011

Nasional

Juara III

 

Penerima Beasiswa Djarum Beasiswa Plus 2011

Nasional

Awardee

 

Peraih Program Mahasiswa Wirausaha Dikti 2011

Nasional

Awardee

 

Senior High School and Others Category of English Letter Writing Contest themed “A Letter to SBY”, held by LBPP-LIA Buah Batu Bandung. 2011

Nasional

Juara I

 

Universitas Padjadjaran delegate for the Harvard World Model United Nations 2011 in the committee of World Intellectual Property Organization represent Republic of the Congo, held by Harvard University and National University of Singapore.

Internasional

Delegasi

 

Color Guard Contest Bandung Marching Band Championship 2012

Lokal

Juara I

 

Peraih Beasiswa Business Plan Mandiri dari Bank Mandiri 2012

Nasional

Awardee

 

Internal Manager De Pioneer, Komunitas Wirausaha Muda Universitas Padjadjaran 2012

Lokal

Awardee

 

Pembicara dalam Mata Mahasiswa Delegasi Unpad 2012

Nasional

Pembicara

 

Lomba Business Case Danone Trust 2012

Nasional

Juara I

 

Delegation for Harvard World MUN Conference 2012 in Vancouver, Canada. 2012

Internasional

Delegasi

Keunggulan

Keunggulan/ Kekhasan Program Studi

Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, bahan ajar dikemas dalam “bungkus mata kuliah” yang dikelompokan dalam:

Mata Kuliah Sistem :

yaitu mata kuliah yang mendukung pada penguasaan dan kemampuan rekayasa kesisteman yang terkait erat dengan sektor agribisnis:

  • Sistem Produksi Pertanian
  • Sistem Agribisnis
  • Sistem Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya

Mata Kuliah Program:

yaitu mata kuliah yang menciptakan kompetensi dalam pengelolaan dan pengembangan usaha, serta pemberdayaan masyarakat agribisnis:

  • Program Pengelolaan Usaha
  • Program Pengembangan Bisnis dan Lingkungan Usaha
  • Program Pembangunan Pertanian
  • Program Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat
  • Program Etika Bisnis, Kemanusiaan, dan Kebangsaan

Berdasarkan penjabaran strategi pencapaian kompetensi tersebut maka secara skematik dapat dilihat pada Gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1. Kerangka Pencapaian Tujuan

Keunggulan yang dimiliki oleh PS Agribisnis adalah kurikulum yang didesain untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi hard-skills dan soft-skills unggul, staf pengajar yang profesional dan berdedikasi, sarana-prasarana yang memadai, akademik atmosfir yang kondusif, serta memiliki reputasi yang baik. Kekhasan yang dimiliki PS Agribisnis adalah penguatan kompetensi mahasiswa/lulusan yang mampu merespon kebutuhan tenaga profesional yang mampu memahami terjadinya perubahan pada Sistem Pasar Produk Pertanian, terutama perubahan dalam :

  • Struktur pasar produk pertanian secara internasional, utamanya produk pertanian untuk bahan pangan dan energi
  • Proses modernisasi ritel produk pertanian:

o   Meningkatnya permintaan untuk produk berkualitas tinggi dengan pasokan yang kontinyu dan terjamin

o   Rantai pasok menjadi sangat pendek

o   Perhatian lebih besar pada aspek kesehatan

  • Meningkatnya dengan pesat peran Industri Makanan dalam memenuhi kebutuhan konsumsi yang semakin beragam
  • Semakin pentingnya industri perbenihan untuk mendukung dihasilkannya produk berkualitas tinggi dan berdaya saing
  • Persaingan antara produk pertanian untuk kebutuhan konsumsi manusia dengan kebutuhan enerji, akibatnya harga pangan naik drastis

Gelar yang Diperoleh

Gelar yang diperoleh oleh lulusan PS Agribisnis adalah Sarjana Pertanian (S.P.).

Informasi Tambahan

PS Agribisnis merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Pertanian Unpad yang telah didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Muda Pendidikan, Pengadjaran, dan Kebudayaan (PP&K) No. 85633/S, tanggal 1 September 1959. Jadi pada dasarnya, materi keilmuan yang ditawarkan oleh PS Agribisnis sudah cukup lama dikembangkan dengan sistem pendidikan yang sudah mapan dan menjadi salah satu pioneer dalam pengembangan kurikulum PS Agribisnis di tanah air.

Tags