Akreditasi

Program Studi Agroteknologi Unpad merupakah hasil merger 4 (empat) Program Studi (PS) pada tahun 2008 (berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 163/DIKTI/KEP/2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi), yaitu PS Pemuliaan Tanaman, PS Agronomi, PS Ilmu Tanah,

dan PS Hama dan Penyakit Tumbuhan yang masing-masing sudah terakreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Saat ini PS Agroteknologi sedang mengajukan akreditasi sejak Mei 2012.


Kurikulum | Dosen | Pendaftaran


Tentang Agroteknologi

Deskripsi Singkat Program Studi Agroteknologi

PS Agroteknologi memberikan bekal kompetensi (hard-skills dan soft-skills) kepada mahasiswa dan lulusan untuk menjadi pelaku usaha pertanian, manajer, pengusaha, peneliti, pendidik dan pemberdaya masyarakat khususnya di bidang pertanian. Pada PS Agroteknologi, mahasiswa akan mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan tanaman (genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan, dll), media tanam (kesuburan dan nutrisi tanaman, mikrobiologi, biologi tanah, dll), lingkungan (hama dan penyakit tumbuhan, agroeksosistem/ekologi, evaluasi lahan, dll), serta ilmu-ilmu pendukung lainnya seperti bioteknologi, kewirausahaan, etika bisnis dan manajemen.

PS Agroteknologi mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL) guna memberikan bekal kompetensi hard- dan soft-skills. Dengan metode pembelajaran ini mahasiswa secara aktif, intensif, dan mandiri menggali potensi dirinya sehingga mencapai kompetensi yang diharapkan untuk dunia kerja/industri (industri benih, pupuk, pestisida, agro-chemical, Perguruan Tinggi, Kementerian Pertanian/ instansi pemerintah, dll), masyarakat dan bangsa. Jenis metode pembelajaran yang sering digunakan dalam metode pembelajaran SCL ini adalah praktikum (terkait kompetensi yang diharapkan di laboratorium/lapangan), project-based learning, problem-based learning, research-based learning, pembuatan makalah individu/kelompok, simulasi, kunjungan lapangan, magang dan lain-lain. Kesemua ragam pembelajaran ini diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa secara komprehensif mencapai kompetensi yang telah dirumuskan melalui serangkaian penugasan dan umpan balik yang konstruktif.

Penjurusan/ Konsentrasi yang ada di Program Studi Agroteknologi

Mahasiswa PS Agroteknologi secara umum memperoleh materi untuk pencapaian kompetensi Sarjana Agroteknologi, akan tetapi pada akhir semester 5 (lima), mahasiswa PS Agroteknologi akan menentukan kompetensi keahlian/minat atau spesialisasinya, yang ditandai dengan pengambilan mata kuliah pilihan dan melakukan kegiatan penelitian untuk penyelesaian tugas akhir (skripsi). Kompetensi keahlian khusus yang tersedia adalah:

  • Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman
  • Agronomi (Teknologi Benih, Produksi Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Ilmu Gulma)
  • Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan
  • Hama dan Penyakit Tumbuhan (Proteksi Tanaman)

 

Laboratorium

Laboratorium yang Dimiliki

Untuk menunjang kegiatan pendidikan/pembelajaran, penelitian dan pengabdian/pelayanan kepada masyarakat, PS Agroteknologi memiliki beragam laboratorium guna mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa dan lulusan. Beragam kegiatan yang meliputi praktikum, analisis, pengujian, pelatihan, diagnosis, dan penelitian telah dilakukan di laboratorium-laboratorium yang ada di lingkungan PS Agroteknologi. Laboratorium-laboratorium tersebut meliputi: Lab. Produksi Tanaman, Lab. Pemuliaan Tanaman, Lab. Teknologi Benih, Lab. Gulma, Lab. Hortikultura, Lab. Analisis dan Bioteknologi Tanaman, Lab. Kultur Terkendali (Hidroponik), Lab. Kesuburan dan Nutrisi Tanah, Lab. Konservasi Tanah dan Air, Lab. Kimia Tanah, Lab. Genesa dan Klasifikasi Tanah, Lab. Fisika Tanah, Lab. Biologi Tanah, Lab. Pemetaan dan Evaluasi Lahan, Lab. Fitopatologi, Lab. Hama Vertebrata, Lab. Pestisida dan Teknik Aplikasi, Lab. Nematologi, Lab. Entomologi, dan Lab. Toksikologi. Selain itu juga ditunjang dengan Kebun Percobaan dan Rumah Kaca di sekitar kampus Jatinangor, SPLLP Arjasari dan Ciparay.

Fasilitas

Fasilitas yang Dimiliki

Lokasi kampus

Kampus PS Agroteknologi berada di lingkungan Kampus Unpad Jatinangor, Jalan Raya Bandung Sumedang km 21 Jatinangor Sumedang 45363. PS Agroteknologi menempati 5 (lima) gedung Fakultas Pertanian Unpad berlantai dua dan tiga (gedung dekanat, Jurusan Budidaya Pertanian, Jurusan Ilmu Tanah, Jurusan Hama Penyakit Tumbuhan, dan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian), gedung ex. D III (Pedca Utara), gedung perpustakaan dan multimedia (3 lantai), dan gedung Student Centre (2 lantai). Gedung-gedung di Fakultas Pertanian Unpad terhubung satu sama lain dan di kelilingi dengan pepohonan rindang, taman-taman kecil, rumput-rumputan dan bunga-bunga yang tertata dengan asri, membuat suasana dan lingkungan yang sangat nyaman dan kondusif untuk proses pembelajaran sehingga tercipta akademik atmosfir yang unggul.

Fasilitas Administrasi

Kegiatan administrasi secara umum dilakukan di gedung Dekanat dan gedung jurusan yang ada di Fakultas Pertanian Unpad kampus Jatinangor. Di gedung dekanat juga terdapat ruang Ketua dan Sekretaris Program Studi beserta tenaga administrasi yang melayani keperluan mahasiswa. Di gedung ini pula beberapa kegiatan administrasi pendidikan/akademik dilakukan seperti untuk urusan KRS (kartu rencana studi) online, herregistrasi, perkuliahan, surat izin, pengurusan tugas akhir, praktek lapang/magang, KKNM (kuliah kerja nyata mahasiswa), dan pendaftaran wisuda. Selain itu juga adminsitrasi untuk urusan kegiatan kemahasiswaan, yang meliputi pengajuan kegiatan kemahasiswaan: minat, bakat, penalaran dan kesejahteraan (beasiswa), administrasi sumberdaya manusia (tenaga pendidik dan kependidikan) dan keuangan dapat dilakukan di gedung dekanat ini.

Fasilitas Perkuliahan

Kegiatan perkuliahan diselenggarakan di 5 (lima) gedung Fakultas Pertanian Unpad Jatinangor, gedung Student Centre, gedung Ex. D-III dan gedung PPBS (Pusat Pelayanan Basic Science).

Fasilitas Praktikum

Laboratorium-laboratorium yang ada di lingkungan Fakultas Pertanian Unpad (seperti yang sudah disebutkan di atas, lihat poin 4: Laboratorium yang Dimiliki), Kebun Percobaan dan Rumah Kaca di Ciparanje 5 Ha (sekitar kampus Jatinangor), SPLPP Arjasari (200 Ha) dan SPLPP Ciparay (6,4 Ha) merupakan fasilitas yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, penelitian dan pengabdian/pelayanan kepada masyarakat. Di kebun percobaan Ciparay saat ini sedang dibangun 4 (empat) rumah kaca/kasa dan sudah dibangun inkubator bisnis produksi tanaman sayuran daun, hasil kerjasama dengan pihak swasta dengan didukung oleh Dirjen Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) melalui Program Revitalisasi Pertanian (2011). Keberadaan fasilitas ini disertai dengan sarana pembelajaran lainnya, akan sangat mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa/lulusan yang diharapkan.

Laboratorium

Terdapat 20 laboratorium pada PS Agroteknologi (lihat poin 4: Laboratorium yang Dimiliki) dengan fasilitas yang memadai dan dapat diakses oleh mahasiswa, staf pengajar dan pengguna, dapat digunakan untuk kegiatan praktikum, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat/pengguna.

Perpustakaan dan Internet

Fakultas Pertanian Unpad, dalam hal ini PS Agroteknologi memiliki gedung perpustakaan dan multimedia sebagai gedung pusat Information and Communication Technology (ICT) yang menyediakan fasilitas-fasilitas berupa buku teks, buku ajar, jurnal, laboratorium komputer, ruang server, ruang workshop, dan ruang pusat informasi database dan jaringan. Di setiap gedung sudah terpasang jaringan lokal (LAN) baik menggunakan media kabel (wired) atau tanpa kabel (wireless) dengan fasilitas hotspot. Setiap gedung terhubung melalui jaringan intranet fakultas yang terintegrasi dengan sistem informasi manajemen, sehingga akses data secara timbal balik diantara semua gedung di fakultas dapat terlayani. Selanjutnya dari pusat kendali jaringan fakultas terkoneksi ke jaringan intranet Unpad yang terintegrasi dengan berbagai sistem informasi manajemen di level universitas. Kemudian di pusat kendali jaringan universitas tersambung on-line ke jaringan internet. Terbentuknya jaringan intranet di fakultas yang terkoneksi dengan intranet Unpad dan internet merupakan peluang bagi seluruh sivitas akademika untuk memanfaatkan berbagai keperluan peningkatan dan publikasi akademis dan bahan ajar dari seluruh penjuru dunia. Bandwith intranet dan internet antara 4,26 Mbps sampai 9,37 Mbps.

Prospek Kerja

Prospek Kerja

  • Pengusaha atau pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan.
  • Pengusaha atau pelaku bisnsi pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, dll.
  • Perkebunan-perkebunan baik pemerintah dan swasta.
  • Industri perbenihan, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional.
  • Kementerian pada Pemerintah Pusat dan berbagai badan dan pusat penelitiannya (Penelitian dan Pengembnagan/Litbang).
  • Pemerintahan Daerah (PEMDA) dengan dinas-dinas teknisnya.
  • Lembaga pembiayaan seperti bank-bank Pemerintah dan Swasta.
  • Akademisi dan peneliti di Perguruan Tinggi ataupun lembaga riset (pemerintah ataupun swasta).
  • Industri pangan, pakan, farmaka dan biodiesel.
  • Konsultan profesional di sektor pertanian/perkebunan.
  • Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL)
  • Badan Pertanahan Nasional (BPN).
  • Fasilitator pemberdaya masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis/pertanian.

Kerjasama

Kerjasama yang telah Terjalin

Kerjasama yang telah terjalin sampai saat ini meliputi:

Institusi

Kerangka Kerjasama

Fachochshule Erfurt, Jerman

Kerjasama pertukaran mahasiswa

Shiiga University, Jepang

Kerjasama penelitian lalat buah di kedua negara

Tsukuba University, Jepang

Kerjasama penelitian manggis dan tomat transgenik

Tohoku University, Jepang

Kerjasama penelitian (padi transgenik), pertukaran mahasiswa dan dosen

CIP Peru

Pemanfaatan crop wild relatives untuk pemuliaan tanaman ubi jalar toleran terhadap cekaman biotik dan abiotik

Hokkaido University, Jepang

Kerjasama riset mengenai tanah abu gunung berapi

Balai Penelitian Lingkungan Pertanian Badan Litbang Deptan

Pemanfaatan material biologi bersama-sama untuk penelitian yang terkait roadmap lab dan kepentingan kedua belah pihak.

Balai Besar Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik (BB Biogen Bogor), Kementan

Kerjasama penelitian tentang pengujian keamanan hayati tanaman transgenik (padi dan tomat)

PT Vitafarm Indonesia

Pengujian pupuk dan kerjasama penelitian

PT Pupuk Sriwidjaja

Kerjasama penelitian terutama berkaitan dengan pengayaan isolat mikroba unggul

PT Sumitomo Indonesia

Kerjasama pengujian input produksi pertanian diantaranya pupuk dan pestisida

PT Buana Sakti

Kerjasama pengujian input produksi pertanian

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung

Kerjasama dalam implementasi PHKI (Program Hibah Kompetisi Institusi) dari Dirjen Dikti

PT Pressindo Makmur Jaya

Kerjasama penelitian, pelibatan mahasiswa dalam penelitian, dan pengujian keefektivan input pertanian

PT Seruniadal Citramandiri

Kerjasama penelitian, pelibatan mahasiswa dalam penelitian, dan pengujian keefektivan input pertanian

BPLHD Kabupaten Bandung

Kerjasasama perencanaan penanganan kerusakan hutan dan lahan

PT Bayer Indonesia

Kerjasama pengujian efikasi pestisida

PT Dupont

Kerjasama pengujian efikasi pestisida

PT Syngenta

Kerjasama pengujian efikasi pestisida termasuk pestisida

PT Sumitomo

Kerjasama pengujian efikasi pestisida

PT Vitagro Indonesia

Kerjasama pengujian efikasi pestisida

PT Gateway Indonesia

Kerjasama pengujian efikasi pestisida

Balai Pengelola DAS Cimanuk-Citanduy, Ditjen BPDAS, Kementerian Kehutanan

Kerjasama penelitian dan pelibatan mahasiswa dalam penelitian

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pertanian

Kerjasama dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam bidang pertanian

PT. Alamanda Sejati Utama

Kerjasama dalam mendorong kuantitas dan kualitas komoditias pertanian berorientasi ekspor

PT. Bakti Usaha Menanam Nusantara Hijau Lestari I (BUMN Hijau)

Kerjasama dalam mengembangkan hutan sebagai media pendidikan dan pembangunan pertanian berkelanjutan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Pemberian beasiswa dan fasilitas pembelajaran dan kegiatan kemahasiswaan

BPMPD Jabar

Penyusunan Pedoman Inventarisasi Program Pembangunan Desa di Jawa Barat

Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD), Kab Bandung

Kajian Baku Mutu Kerusakan Lahan di Kab. Bandung

Bappeda Kab. Sumedang

Penyusunan Rencana Tindak Lanjut Pengelolaan Tanah Eks Perkebunan Kareumbi Kab Sumedang

Pemerintah dan Dinas Pertanian Kab. Sumedang

Penyusunan buku deskripsi dalam rangka ajuan HKI indikasi geogafis ubi Cilembu

Konsorsium Kedelai Nasional

Uji multilokasi kedelai hitam untuk agroekosistem dataran rendah dan medium di Jawa

Konsorsium Padi Nasional

Perakitan padi tahan hama wereng coklat

 

Prestasi Dosen

Prestasi Staf Pengajar PS Agroteknologi

Sebagian besar staf pendidik PS Agroteknologi mampu meraih hibah riset kompetitif dari Dikti, Kementerian Riset dan Teknologi, dan Kementerian Pertanian (KKP3T) serta memperoleh beasiswa pendidikan lanjut dalam dan luar negeri (Jepang, Australia, Amerika, Jerman, Belanda, Perancis, Belgia).

Dr. Agung Karuniawan meraih Knaw-Spin Postdoctoral Fellowship 2008-2009.

Dr. Betty N. Fitriatin, Dosen Berprestasi II Unpad 2012.

Dr. Warid Ali Qosim, Kaprodi Berprestasi I Unpad 2011.

Dr. Rina Devnita meraih Hibah Kerjasama Internasional dengan Hokkaido University

Nono Carsono, Ph.D., meraih hibah riset internasional JSPS-DGHE 2012-2014.

Dr. Noor Istifadah, Dosen Berprestasi IV Unpad 2009.

Dr. Ceppy Nasahi, Kajur Berprestasi III Unpad 2009.

Ranu Manggala, Laboran Berprestasi III Nasional 2011.

Prestasi Mahasiswa

Prestasi Mahasiswa

Nama Mahasiswa / Tim

Prestasi / Tingkat

Kegiatan

Tahun

Khainur Rasyid Asda NPM 150510110174

Anggota : Puspa Firda Amalia NPM 150510110179, Dian Octavia Sinaga NPM 150610110110 dan Julian Caesar NPM 150610110125.

Meraih Medali Perak Kategori Poster

PIMNAS XXII

2012

Oky Poster NPM 150510090197

Juara 3 Poster

Tema “Tanah Untuk Rakyat”

Forum Komunikasi Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (FOKUSHIMITI DAYS)

2012

Nofalia Nurfitriani NPM 150510090074

Juara 1 Paper

Judul “Pemanfaatan Tanaman Mendong (Fimbristylis globulosa) dan Ikan Sapu-Sapu (Hyposarcus pardalis) Sebagai Agen Remediasi Logam Berat Pada Lahan Sawah di Daerah Industri Rancaekek Kabupaten Bandung

Forum Komunikasi Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (FOKUSHIMITI DAYS)

2012

Anggoro Seto NPM 150310070086

Nasional

Festival Pemuda Garut

2012

Diana Pusphaningtyas NPM 150610100024

Nasional

Uji Coba/ Try Out Tim Putri Pelatda PON Jawa Barat Liga Bolabasket Wanita Nasional (WNBL)

2012

Setiawan NPM 150110080005

Internasional

Pengiriman Delegasi dalam seminar dengan tema "The 3rd International Agriculture Student Symposium

2012

Anggoro Seto NPM 150310070086

Internasional

Youth Leader in Action: Environment Sector

2011

  • Wino Adhyaksa NPM 150110080055
  • Sastrika Anindita NPM 150110080020
  • Hani Wachyuni NPM 150110080024
  • Winda Ika Susanti NPM 150110080172
  • Anne Yuliana NPM 150110080121
  • Wardiman W. Katili NPM 150110080117
  • Sulistiawati Pratiwi NPM 150110080028

Juara Umum (Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah, Juara I Lomba Cerdas Cermat dan Juara III Lomba Soil Judging Contest)/ Nasional

Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (PILMITANAS) / ”Pemanfaatan Sumberdaya Lahan Berkeadilan Untuk Kesejahteraan dan Kelestarian Lingkungan”

2011

  • Andro Tunggul N. NPM 150110080198
  • Sastrika Anindita NPM 150110080020
  • Rezka Fradzan NPM 150110070029
  • Soni Sasono NPM 150610090011

Nasional

Pengiriman Delegasi Kegiatan Bina Desa Nasional Ikatan BEM Pertanian Indonesia (BINDESNAS IBEMPI)

2011

Anggoro Seto NPM 150310070086

Internasional

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jawa Barat Tahun 2011

2011

Dwi Fitriah Arrisandi NPM 150310080066

Internasional

Pengiriman Delegasi "Global Model United Nations 2011"

2011

Kani Wido Marentuha S. NPM 150110080068

Internasional

Pengiriman Delegasi "Konferensi Internasional Perubahan Iklim TUNZA 2011"

2011

Hingdri NPM 150110080050

Internasional

Pengiriman Delegasi "IFES-GCOE FIELD SHORT COURSE 2011, Summer School in Indonesia Management Strategy of Tropical Peatland: Development and Conservation

2011

  • Wino Adhyaksa NPM 150110080055
  • Sastrika Anindita NPM 150110080020
  • Hani Wachyuni NPM 150110080024
  • Winda Ika Susanti NPM 150110080172
  • Anne Yuliana NPM 150110080121

Nasional

Pengiriman delegasi Seminar dan Kongres Nasional HITI X dengan tema "Tanah untuk yang kehidupan Berkualitas"

2011

Anggoro Seto NPM 150310070086

Internasional

Harvard National Model United Nations

2011

Anggoro Seto NPM 150310070086

Internasional

Intercultural Dimension Session

2011

Anggoro Seto NPM 150310070086

Internasional

National Volunteer Program

2011

Klinik Tanaman Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Unpad

Nasional

Seminar Nasional / “Hidup Sejahtera Bersama Serangga”

2011

Ferina Rosiana 150110080074

Internasional

Ajou Exchange Student Program of The Spring 2011 Semester

2011

Hingdri NPM 150110080050

Nasional

Lomba Proposal Bisnis Teknologi dan Kulinologi

2011

  • Wino A.N. NPM 150110080055
  • Hingdri NPM 150110080050
  • M. Firli Magribi NPM 150110080123
  • Fitri Fajriyanti NPM 150110080195
  • M. Luqman K. NPM 150110080078
  • Rizky Febria NPM 150110080201
  • Wardiman W. Katili NPM 150110080117
  • Diandra Putra NPM 150210070031
  • Septian Dwi S.P. NPM 150210070004

Juara 2 Lomba Soil Judging Contest dan Juara 3 Lomba Poster / Nasional

Jambore Ilmu Tanah Indonesia V (JITI V)

2011

  • Mochamad Nurfalaah NPM 150310080010
  • Gatra Dwiasa J NPM 150310080025
  • Putri Nanda NPM 21020380042
  • H.Edi Sahputra NPM 130110070104
  • Nisha Rahma Z NPM 240210080061

Nasional

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)/ “Khasiat Jamu Celup Sambiloto Sebagai Solusi Mengatasi Gigitan Nyamuk Berbahan Baku Herbal”

2010

  • Anna Agustina S NPM 150310060114
  • Yayu Ulfah M NPM 150310060091
  • Lia Merlina NPM 150310060110
  • Andro T N NPM 150110080198
  • Sugiarso NPM 150110080183

Juara 2 Lomba Presentasi / Nasional

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)/ “Pelepah Pisang Berbuah Uang"(Pemanfaatan Limbah Pelepah Pisang (Musa spp) Menjadi Kerajinan Yang Unik, Eksotis, dan Berdaya Saing Tinggi Asli Budaya Indonesia)

2010

Anggoro Seto NPM 150310070086

Nasional

Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAV)

2010

Anggoro Seto NPM 150310070086

Nasional

Nutrifood Leadership Award

2010

Hingdri NPM 150110080050

Internasional

Asia Pasific Climate Change Adaption Forum 2010

2010

Anggoro Seto NPM 150310070086

Nasional

International Youth Climate Forum (IYCF) 2010

2010

  • Hingdri NPM 150110080050
  • Tommy Frengky S. NPM 150110080076
  • Choirony NPM 150110080054
  • Hari Samuel S. NPM 150310080105

Internasional

International Conference on Food Safety and Food Security

2010

Anggoro Seto NPM 150310070086

Internasional

Asia Africa Youth Forum

2010

M. Firli Magribi NPM 150110080123

Internasional

Ajou International Summer School 2010

2010

Wino Adhyaksa NPM 150110080055

Nasional

Seminar Nasional / Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Melalui Konservasi Kearifan Lokal”

2010

Hingdri NPM 150110080050

Nasional

National Congress XV IAAS/ “ Power of Dairy Cattle to Support Human Being”

2010

Hingdri NPM 150110080050

Nasional

National Seminar/ “Milk: Is It Safe for our Health?”

2010

Hingdri NPM 150110080050

Nasional

Local Organizing Committee Padjdajaran University IAAS/ “The 53rd World Congress”

2010

  • Henly Yulia NPM 150210070062
  • Fetty Dwi R NPM 150210070046
  • Galih Andrenato 150210070015
  • Leonardo S NPM 150210070074
  • Jovi

Juara Umum / Nasional

Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (PILMITANAS)

2009

Anggoro Seto NPM 150310070086

Internasional

Miracle Youth Conference, 2009

2009

Hingdri NPM 150110080050

Nasional

Seminar Nasional dan Diskusi Interaktif / “Menggagas Pertanian Nasional 2009 Yang Mandiri Sebagai Sektor Andalan Untuk Menghadapi Tantangan Ekonomi Global”

2009

  • Rahmi Zuraidah NPM E1A02062
  • Zulfadhli NPM E1D040029
  • Umi Kulsum NPM E1D040038

Juara 1 / Nasional

Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM)

2008

  • Yudi Sudrajat NPM 150410060025
  • Khoirunnisa Qisti NPM E1D050041
  • Siti Jumroh NPM 150410077001

Juara 1 Bidang Teknologi / Nasional

Peneliti Remaja Indonesia

2008

  • Rahmi Utami NPM E1D040001
  • Anggi Ayuningtyas NPM E1D040032
  • Randitian NPM 150410060003

Juara Favorit Stand Pameran dan Juara II Lomba Business Plan / Nasional

Lomba Management Innovation Businnes Challenge (MIBC) / ”Sambal Cocol Stroberi”

2008

 

 

Pendidikan Lanjutan

Pendidikan Lanjutan yang dapat Ditempuh

Lulusan program sarjana PS Agroteknologi Unpad dapat melanjutkan studi ke program Magister (pasca sarjana), baik di dalam maupun luar negeri, dengan mengambil spesialisasi Magister Ilmu Tanaman(Crop Science), Ekofisiologi Tanaman (Plant Ecophysiology), Agronomi (Agronomy), Ilmu Pemuliaan Tanaman (Crop Breeding atau Plant Genetic Manipulation), Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan (Soil Science and Land Resources), atau Ilmu Perlindungan Tanaman (Plant Protection).

Keunggulan

Keunggulan/ Kekhasan Program Studi

Keunggulan yang dimiliki oleh PS Agroteknologi adalah kurikulum yang didesain untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi hard-skills dan soft-skills unggul, staf pengajar yang professional dan berdedikasi, sarana-prasarana yang memadai, akademik atmosfir yang kondusif, serta memiliki reputasi yang baik. Kekhasan yang dimiliki PS Agroteknologi adalah penguatan kompetensi mahasiswa/lulusan dalam bidang perbenihan tanaman yang terintegrasi dari proses hulu sampai hilir dan penguatan pada kompetensi aspek pertanian berkelanjutan (pertanian ramah lingkungan).

Gelar

Gelar yang Diperoleh

Gelar yang diperoleh oleh lulusan PS Agroteknologi adalah Sarjana Pertanian (S.P.).

Tags