Kegiatan Pembukaan 16 Tahun Klintan Mengabdi yang digelar pada Kamis lalu (16/05) merupakan salah satu rangkain acara Milad Klintan yang ke-16 yang Desa Cileles. Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Kegiatan dilaksanakan bertempat di salah satu rumah warga, yaitu Bapak Ai selaku anggota kelompok tani Cileles Jaya. 

Kegiatan yang diikuti oleh masyarakat sekitar ini menghadirkan pemateri Vira Kusuma Dewi, SP., M.Sc., Ph.D selaku dosen di Departemen Hama dan Penyakit Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran. Pemaparan dan pengenalan yang dilakukan mengenai “Pemanfaatan Tanaman Refugia dalam Konservasi Musuh Alami pada Tanaman Padi”. Kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan yang diskusi dan berbagi informasi serta keluhan yang dialami oleh para petani.
Acara yang bertemakan pengendalian secara biologis dan ramah lingkungan ini dilakukan karena meninjau dari pengolahan lahan tani yang bersifat semi-organik. Dimana penggunaan bahan kimia yang sangat sedikit. Selain itu, kondisi alam yang masih asri dan bersih menyebabkan masyarakat memiliki keinginan membuat sebuah peluang usaha lain yaitu menjadikan lahan padi menjadi areal agrowisata.

Tags

Pengguna

Masuk