Kegiatan Pelatihan yang Dilaksanakan oleh Tim IbM

Tim IbM Unpad yang beranggotakan Rani Andriani Budi Kusumo, SP, MSi, Anne Charina, SP, MT, Kuswarini Kusno, Ir, MSIE (Fakultas Pertanian) telah melaksanakan kegiatan pengabdian yang berjudul IbM Kelompok Tani Teh Rakyat untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Olahan Pucuk Daun Teh. Dalam kegiatan tersebut yang menjadi mitra adalah Kelompok Tani Sindang Panon dan Kelompok Tani Harja Tani Sejahtera di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. 

Berbagai macam kegiatan pelatihan dan pendampingan dilaksanakan dalam kurun waktu 8 bulan (Maret - Oktober 2016). Kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya adalah :

  1. Pelatihan pembuatan kemasan
  2. Pelatihan pemasaran on-line
  3. Perancangan desain kemasan
  4. Pemberian bantuan alat

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk olahan pucuk teh untuk memperbaiki pendapatan petani teh rakyat, karena yang menjadi permasalahan mitra saat ini adalah :

  1. Produk yang dihasilkan dinilai kurang memiliki daya saing di pasar, dilihat dari volume penjualan produk
  2. Pemasaran produk yang masih terbatas di pasar lokal (warung, pasar tradisional)

Pada awal bulan September, mitra IbM telah mengikuti ajang ‘Bandung Tea Festival 2016’. Keikutsertaan mitra IbM dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi mitra mengenai peluang dan juga pesaing pasar produk olahan pucuk daun teh, serta diharapkan dapat memacu mitra IbM untuk mengembangkan produknya.

Tags