Agroforce merupakan suatu program kerja dari departemen Penalaran & Keilmuan (PK) Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Higrologi) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Agroforce merupakan suatu rangkaian acara yang berisikan seminar dan lomba-lomba bagi siswa/i SMA/ MA sederajat se-Jawa Barat. Adapun Agroforce tahun ini mengangkat tema “Time For The Youth To Feed The World”, yang bermaksud untuk mengajak para pemuda untuk mengubah pandangan mereka mengenai dunia pertanian. “Pertanian bukan hanya sebatas pergi ke sawah, mencangkul, lalu menanam, dan panen. Perlunya peran generasi muda di zaman sekarang untuk membuat terobosan baru untuk semakin memajukan dunia pertanian, khususnya di Indonesia, yang notabene merupakan negara agraris. Karena itu, di masa depan nantinya, para pemuda diharapkan mampu kembali menggerakkan kejayaan pertanian Indonesia dan semakin maju di masa depan”, begitu kata sambutan Ahmad Fathurrohman selaku Ketua Pelaksana Agroforce 2016 pada pembukaan rangkaian acara, Sabtu, 10 September 2016. Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan TM (Technical Meeting) pada masing-masing cabang lomba. Cabang yang dilombakan pada acara tahun ini terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba Cerdas Cermat (LCC), Lomba Film Pendek (Short Movie), Agrosmart, Lomba Fotografi, dan Lomba Desain Poster. Sebanyak 14 sekolah dari seluruh Jawa Barat mengikuti perlombaan tersebut.

Pada hari-H perlombaan, yaitu Sabtu, 17 September 2016, acara dibuka dengan pembukaan oleh MC dan pembacaan ayat suci Al-Quran bertempat di Gedung Multimedia Lt.3 Fakultas Pertanian Unpad. Lalu disambung dengan kata sambutan oleh Ahmad Fathurrohman selaku ketua panitia dan Ega Apriliana selaku ketua Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Higrologi) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Lalu acara dilanjutkan dengan pengarahan dari koordinator perlombaan dan para peserta meninggalkan gedung kecuali yang mengikuti lomba karya tulis ilmiah (LKTI). Perlombaan berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 WIB. Acara dilanjutkan dengan keliling Unpad menggunakan odong-odong (kendaraan khas Unpad).Setelah keliling Unpad, para peserta kembali ke gedung Multimedia untuk mengikuti seminar yang dibawakan oleh Bapak Ir. Andang Purnama dan Kang Supriady Siregar. “Hal terpenting untuk mencapai tujuan yang besar adalah dengan memulai diri disiplin pada hal-hal kecil. Setelah anda bangun tidur, jangan lupa untuk bersyukur pada Tuhan karena anda telah diberikan kesempatan untuk melakukan hal-hal besar dalam satu hari itu.” Ujar Pak Andang dan Kang Supriady sebagai penutup dan kata-kata motivasi bagi para peserta.

Setelah seminar selesai, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba. Lomba LKTI dimenangkan oleh SMAN 1 Nagreg dengan judul “Si Hitam Briket Bersahabat dan Ramah Lingkungan Bagi Petani”, lomba Cerdas Cermat (LCC) dimenangkan oleh SMAN 3 Kuningan, lomba Fotografi dimenangkan oleh SMAN 3 Kuningan dengan judul “Hidroponik”, lomba Desain Poster dimenangkan oleh SMAN 4 Bandung, lomba Film Pendek dimenangkan oleh SMAN 2 Kuningan, dan lomba Agrosmart dimenangkan oleh SMAN 1 Pagaden.
Pada akhirnya, predikat juara umum diraih oleh SMAN 3 Kuningan. Acara ditutup dengan kata penutup dari Higrologi dan foto bersama para peserta, pembimbing, serta para pembicara dan panitia.

AGROFORCE 2016? TIME FOR THE YOUTH TO FEED THE WORLD!