Pelatihan pemanfaatan barang bekas yang dilaksanakan pada Sabtu (12 Oktober 2019) di SD Negeri Cileles, Jatinangor merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilakukan oleh Himpunan Klinik Tanaman (Klintan) Faperta Unpad. Kegiatan ini dilaksanakan dengan partisipan dari siswa Kelas 4 SD Negeri Cileles yang berjumlah 47 orang. Kegiatan yang berjudul "Pro-care sama Dede" ini merupakan kegiatan pelatihan yang bertemakan pemanfaatan barang bekas seperti botol plastik yang umum ditemukan berserakan di lingkungan sekitar. Botol bekas ini dimanfaatkan menjadi wadah tanam tanaman hias yang lebih bermanfaat dan ekonomis untuk dilakukan.

Botol bekas yang sudah dibawa oleh para siswa ini dipotong pada bagian tertentu untuk memasukkan media tanam dan tanaman hias serta dihias terlebih dahulu dengan cat warna agar lebih menarik. Berbagai macam motif lukisan dibuat untuk menunjukkan kreativitas para siswa kelas 4 ini. Antusiasme yang positif terlihat oleh para siswa dengan terlihatnya raut wajah semangat saat mereka berlomba untuk memilih warna apa yang akan digunakan dalam menghias botol bekas mereka. Terdapat doorprize berupa Growing Kit "Adopt Me" yang merupakan produk hasil karya Himpunan Klintan. Pemberian doorprize ini dilakukan dengan mengajukan pertanyaan seputar pertanian.

klintan8

Setelahnya, para siswa ini mulai mengantre untuk memilih tanaman hias apa yang mereka sukai untuk melengkapi kreasi botol bekas mereka yang kini bisa menjadi wadah tanaman hias. Antusiasme yang semangat masih terjaga meskipun kegiatan berlangsung selama 2 jam. Para siswa dengan semangatnya menunjukkan hasil kreasi mereka. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dalam mengatasi sampah botol plastik yang berserakan di lingkungan sekitar terutama wilayah Jatinangor. Dengan mengedukasi para siswa SD ini semoga kelak dapat menelurkan pahlawan lingkungan dalam menjaga keasrian wilayah Jatinangor! (Yongki Umam Sandi)

 




Contact Us

Kampus Fakultas Pertanian Unpad
Jalan Raya Bandung-Sumedang km 21
Jatinangor Sumedang 45363 Monday - Friday 08:00 AM - 04:00 PM
Telp: (022) 7796316 / 7797321
Fax : 022 - 7796316
Email: dekan.faperta@unpad.ac.id

Peta Situs | Download