Kurikulum | Dosen | Pendaftaran | Leaflet


 

Visi Program Studi Magister Ilmu Tanah

Program Studi Magister Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran merumuskan visi sebagai berikut “Menjadi Program Studi Magister Ilmu Tanah yang memiliki keunggulan dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah serta penyelenggaraan pendidikan bereputasi Internasional tahun 2024”.

Misi Program Studi Magister Ilmu Tanah

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah serta penyelenggaraan pendidikan bereputasi Internasional tahun 2024.
  2. Menyelenggarakan Penelitian yang fokus dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah. Mengelola program pendidikan secara professional, akuntabel, dan aspiratif terhadap permasalahan lokal, nasional dan internasional, serta memiliki keunggulan mendalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang fokus dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah.
  4. Menyelenggarakan kerjasama pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,dan inovasi dengan berbagai pihak, seperti industri, instansi pemerintah, swasta, universitas, pusat-pusat penelitian, masyarakat umum, dan media, baik di dalam maupun luar negeri.
  5. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan inovasi melalui media komunikasi ilmiah nasional maupun internasional.
  6. Menerapkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam pembelajaran, kegiatan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan Program Studi Magister Ilmu Tanah

  1. Terciptanya penyelenggaraan sistem pendidikan dan pengajaran melalui serangkaian kegiatan akademik untuk menjadi mahasiswa yang kritis dan handal dalam mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan bidang ilmu tanah dan pembangunan pertanian, khususnya keunggulan dalam bidang pengembangan lahan kering dan pengelolaan tanah sawah.
  2. Terlaksananya penelitian di bidang ilmu tanah, yang ditunjukkan dengan ketajaman analisis permasalahan dan kepaduan serta ketepatan pengambilan keputusan atau pemecahan masalah khususnya dalam bidang pengembangan lahan kering dan pengelolaan tanah sawah.
  3. Terlaksananya Pengabdian pada Masyarakat khususnya keunggulan dalam bidang pengembangan lahan kering dan pengelolaan tanah sawah serta mempersiapkan peserta didik untuk mampu berkiprah aktif dalam masyarakat ilmiah (organisasi profesi) baik nasional maupun internasional.
  4. Dihasilkannya lulusan (Magister) bidang Ilmu Tanah yang kompeten tepat waktu, berkualitas, mandiri dan berkompeten dalam bidang pengembangan lahan kering dan pengelolaan tanah sawah, yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat, dan mampu bersaing di tingkat regional, nasional, serta internasional.
  5. Meningkatkan publikasi ilmiah nasional terakreditasi maupun bereputasi internasional;
  6. Meningkatkan kontribusi dan pelayanan serta pengabdian kepada masyarakat dengan menghasilkan teknologi inovatif dalam memecahkan permasalahan bidang ilmu tanah guna menunjang produktivitas tanah berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  7. Meraih akreditasi unggul internasional

Kompetensi

  1. Motivation
    • Memiliki keinginan untuk mengikuti perkembangan situasi bidang pertanian, sebagai landasan pendalaman ilmu yang dikaji.
    • Memiliki keinginan kuat untuk menemukan/ mengembangkan teori/teknologi baru yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam bidang pertanian.
    • Mempunyai keinginan kuat untuk berkolaborasi dengan teman sejawat/lembaga terkait dalam mengembangkan teknik maupun ilmiah.
  2. Attitude
    • Selalu aktif dalam mencari permasalahan-permasalahan di bidang pertanian dalam rangka mengembangkan ilmu dan teknologi.
    • Selalu terbuka untuk menampung kritik maupun saran yang diberikan oleh berbagai pihak.
    • Berkemauan untuk mencari, menerima, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi pertanian untuk menyelesaikan masalah di bidang pertanian.
  3. Skill
    • Memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi masalah dalam bidang pertanian dan terampil dalam pemecahannya secara ilmiah.
    • Memiliki keahlian dalam meneliti dan menganalisis dengan tajam dalam memecahkan masalah yang ada.
  4. Ability
    • Mampu menerapkan ilmu dan teknologi yang dimilikinya untuk mengembangkan bidang pertanian.
    • Mampu bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan tugas-tugasnya.
  5. Knowledge
    • Memahami konsep dan teori dalam bidang ilmu pertanian.
    • Memahami filsafat ilmu dan teknologi pertanian.
Tags