Latar Belakang

Program Studi Doktor Ilmu Pertanian merupakan cikal bakal dari Program Pascasarjana yang ada saat ini di Universitas Padjadjaran (Unpad). Program ini didirikan pada tanggal 23 Juli 1979 yang dikelola oleh Fakultas Pertanian Unpad. Pada tahun 1983 pengelolaan Program Pascasarjana Unpad, termasuk Program Doktor Ilmu Pertanian, dialihkan kepada Fakultas Pascasarjana yang dipimpin oleh seorang Dekan. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0311/0/1991, pengelolaan Program Pascasarjana Unpad dipimpin oleh Direktur yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Ijin penyelenggaraan Program Pascasarjana di lingkungan Unpad, termasuk Program Studi Doktor Ilmu Pertanian, dikeluarkan oleh Dirjen Dikti berdasarkan Surat Keputusan No. 549/DIKTI/Kep/1993.

Mulai tahun 2008 Program Studi Doktor Ilmu Pertanian menjadi bagian dari pengelolaan Fakultas Pertanian Unpad. Tujuan dari penggabungan pengelolaan di bawah Fakultas Pertanian Unpad adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa pada Program Studi Doktor Ilmu Pertanian. Mengacu kepada Peraturan Rektor No. 50 tahun 2016 tentang Pedoman Pendidikan Magister dan Doktor di Lingkungan Universitas Padjadjaran, program pembelajaran pada Program Studi Doktor Ilmu Pertanian mengarusutamakan riset sebagai metode pembelajarannya, yang dikenal sebagai By Research Program.

Dalam pembelajaran Program Doktor By Research, mahasiswa diwajibkan mengambil mata kuliah Filsafat ilmu dan Metodologi Penelitian Ilmu Alam atau Metodologi Penelitian Ilmu Ekonomi. Mata-mata kuliah lain mendukung rencana kajian disertasi bersifat pilihan sebagai materi pengayaan nkeilmuan sesuai atas rekomendasi Promotor. Sebelum melaksanakan Sidang Promosi Doktor (SPD), mahasiswa diwajibkan mempublikasikan artikel ilmiah yang merupakan bagian dari kajian disertasinya pada jurnal internasional bereputasi Q3 atau setara. 

Visi

Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Pertanian bereputasi internasional melalui pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni berbasis keunggulan lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tahun 2026. 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor ilmu pertanian melalui proses pembelajaran yang efektif dan efisien;
  2. Mengembangkan penelitian melalui jalinan kerjasama dengan berbagai pihak pada skala nasional dan internasional;
  3. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian melalui media komunikasi ilmiah nasional maupun internasional;
  4. Menerapkan hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran, kegiatan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri dan berkompeten;
  2. Menghasilkan teknologi inovatif untuk memecahkan permasalahan bidang pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  3. Meningkatkan publikasi ilmiah nasional terakreditasi maupun internasional;
  4. Meningkatkan peran aktif dan kontribusi di dalam forum pertemuan ilmiah nasional dan internasional;
  5. Meningkatkan kontribusi dan pelayanan serta pengabdian kepada masyarakat.

Akreditasi

Program Studi Doktor Ilmu Pertanian memperoleh Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 120/SK/BAN-PT/Akred/D/III/2015 tertanggal 28 Maret 2015.

Keunggulan Pembelajaran

Program Studi Doktor Ilmu Pertanian memiliki beberapa keunggulan pembelajaran yang bersifat unik, antara lain :

  1. Pengalaman pengelolaan program yang panjang sejak tahun 1983;
  2. Bidang kajian keilmuan pertanian yang bersifat inter dan transdisiplin;
  3. Dukungan sejumlah fasilitas laboratorium terkait dengan pengembangan pertanian;
  4. Promotor dan Dosen Pengajar yang mumpuni dalam bidang pertanian;

 

Kompetensi Lulusan

  1. Mampu mengembangkan ilmu, pengetahuan, dan teknologi (iptek) dalam bidang ilmu pertanian dengan kajian yang bersifat inter/ transdisiplin yang didukung oleh keilmuan-keilmuan agronomi, pemuliaan tanaman, hama dan penyakit tanaman, tanah dan sumberdaya lahan, sosial ekonomi pertanian, serta perikanan untuk menghasilkan karya inovatif, orisinil, dan teruji;
  2. Mampu mengelola dan mengembangkan riset di bidang pertanian yang dibangun berdasarkan kerjasama nasional dan internasional;
  3. Mampu merancang, mengembangkan, menganalisis, dan merumuskan kebijakan di bidang pertanian secara komprehensif bagi peniongkatan kesejahteraan masyarakat yang diakui secara nasional dan internasional.

Kurikulum

No.

Mata Kuliah

SKS

Keterangan

 

Semester I (3 – 9 SKS)

 

 

1.

Filsafat Ilmu

2

 

2.

Mata Kuliah Pilihan *)

0 – 6

Atas rekomendasi Promotor

3.

Seminar Kemajuan Usul Riset (SKUR) I

1

 

 

Semester II (4 – 10 SKS)

 

 

4.

Metodologi Penelitian Ilmu Alam/ Metodologi Penelitian Ilmu Ekonomi

3/ 3

Pilih salah satu

5.

Mata Kuliah Pilihan *)

0 – 6

Atas rekomendasi Promotor

6.

Seminar Kemajuan Usul Riset (SKUR) II/ Seminar Usul Riset (SUR)

1/ 2

Pilih salah satu

 

Semester III (2 SKS)

 

 

7.

Seminar Usul Riset (SUR)

2

Apabila s.d. Semester II  belum melaksanakan SUR

 

Semester IV (1 SKS)

 

 

8.

Seminar Kemajuan Riset (SKR) I

1

 

 

Semester V 1 (SKS)

 

 

9.

Seminar Usul Riset (SKR) II

1

 

10.

Penulisan dan Submit Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi Q3 atau Setara

0

 

 

Semester VI (41 SKS)

 

 

11.

Seminar Usul Riset (SKR) III

1

Apabila s.d. Semester VI belum melaksanakan Seminar Hasil Riset (SHR)

12.

Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi Q3 atau Setara

15

 

13.

Seminar Hasil Riset (SHR)

10

 

14.

Penelaahan Naskah Disertasi (PND)

10

 

15.

Sidang Promosi Doktor (SPD)

5

 

 

Jumlah

51 – 64

 

Keterangan *) Mata-mata Kuliah Pilihan :

No.

Mata Kuliah Pilihan

SKS

1.

Filsafat Ilmu

2

2.

Metodologi Penelitian Ilmu Alam

3

3.

Metodologi Penelitian Ilmu Ekonomi

3

4.

Masalah Riset

3

5

Sistem Agribisnis Madya

3

6.

Pembangunan Pertanian

3

7.

Genetika Kuantitatif dan Genetika Populasi

3

8.

Aplikasi Genomik uuntuik Pemuliaan Tanaman

3

9.

Biokimia Tanaman

3

10.

Ekofisiologi Tanaman

3

11.

Masalah Khusus Produksi Tanaman I

3

12.

Masalah Khusus Produksi Tanaman II

3

13.

Biologi Tanah

3

14.

Kimia Tanah

3

15.

Pengelolaan Hama Penyakit Terpadu

3

16.

Fisiologi dan Biokimia Serangga

3

17.

Interaksi Patogen dengan Tanaman

3

 

Bidang Kajian :

  1. Ekofisiologi
  2. Ilmu Gulma
  3. Ilmu Pemuliaan Tanaman
  4. Ilmu Hama Tumbuhan
  5. Ilmu Penyakit Tumbuhan
  6. Agribisnis
  7. Pembangunan Pertanian
  8. Sosiologi dan Penyuluhan Pertanian
  9. Kesuburan Tanah dan Gizi Tanaman
  10. Konservasi dan Reklamasi Tanah
  11. Bioteknologi Tanah
  12. Evaluasi dan Perencanaan Penggunaan Lahan
  13. Rehabilitasi dan Konservasi Sumber Daya Perairan
  14. Manajemen Sumber Daya Perairan
  15. Pemanfaatan Sumber Daya Perairan

 

Seleksi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru

Seleksi calon mahasiswa Program Doktor dilakukan melalui mekanisme Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) seperti dipaparkan pada http://smup.unpad.ac.id/

Persyaratan Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang telah mendapat persetujuan dari Kemerinstekdikti;
  2. Memiliki ijazah pendidikan Magister atau Magister Terapan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 3,00;
  3. Telah memilki Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/ LoA) dari Calon Promotor;
  4. Persyaratan pendaftaran disajikan lengkap pada http://smup.unpad.ac.id/persyaratan-s3/

Prosedur Pendaftaran

  1. Pembuatan akun diri untuk memulai proses pendaftaran;
  2. Pengisian data diri yang dilanjutkan dengan unggal foto diri, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Ijazah dan Transkrip akademik pada program S1 dan S2;
  3. Pemilihan Calon Promotor yang dilanjutkan dengan proses diskusi rencana penelitian disertasi untuk memperoleh Letter of Acceptance (LoA) sebagai dasar penerimaan sebagai calon mahasiswa baru;
  4. Verifikasi Letter of Accpetance (LoA) untuk membuka proses pendaftaran berikutnya;
  5. Pembuatan nomor tagihan SMUP untuk tahap finalisasi proses pendaftaran;
  6. Pembayaran tagihan pembayaran pendaftaran;
  7. Pelengkapan pendaftaran, pemilihan program studi, dan finalisasi pendaftaran;
  8. Pencetakan Kartu Tanda Peserta pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa bar;
  9. Prosedur pendaftaran ditampilkan pada http://smup.unpad.ac.id/prosedur-pendaftaran-s3/

Pendaftaran

  1. Peserta akses ke laman unpad.ac.id melakukan sign-up ke portal perserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah :
    1. Nama Lengkap
    2. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    3. Alamat Email
    4. Nomor Ponsel
    5. Mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP);
  2. Peserta yang telah memilih calon promotor dan berdiskusi mengenai tema/topik menelitian diharapkan login secara berkala untuk melihat status permohonan LoA;
  3. Setelah LoA yang disetujui dan lolos verifikasi program studi tercantum dalam portal peserta SMUP, maka selanjutnya peserta dapat membuat nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Setelah membuat nomor tagihan, peserta membayar tagihan biaya seleksi ke bank yang ditunjuk oleh Unpad. Proses finalisasi pendaftaran dan memilih prodi dapat dilakukan setelah membayar biaya seleksi;
  4. Bukti pembayaran mohon disimpan dengan baik;
  5. Peserta login kembali ke laman pendaftaran (unpad.ac.id) dengan menggunakan NIK dan Password yang telah dibuat pada saat sign-up (Point 2) untuk melanjutkan proses pendaftaran;
  6. Setelah proses finalisasi pendaftaran selesai, calon peserta diharuskan untuk :
    • Mencetak Biodata dan Pernyataan menggunakan kertas ukuran A4.
    • Melengkapi isian Biodata dan Pernyataan.
    • Mencetak kartu peserta ujian.
  7. Bukti pembayaran dan dokumen pendaftaran yang telah dicetak mohon disimpan dengan baik;
  8. Pendaftaran secara rinci dapat dilihat pada http://smup.unpad.ac.id/pendaftaran-s3/ 

Prosedur Memperoleh Letter of Acceptance (LoA) :

  1. Peserta login ke laman pendaftaran https://pendaftaran.unpad.ac.id/informasi
  2. Peserta memilih menu “Direktori Kepakaran” pada http://smup.unpad.ac.id/persyaratan-s3/, kemudian mencari Calon Promotor sesuai dengan topik penelitian yang dikehendaki;
  3. Peserta seleksi mengisi submission form untuk mengajukan LoA kepada calon promotor. Pada tahap ini peserta seleksi harus mempersiapkan dan mengunggah ringkasan proposal penelitian;
  4. Peserta seleksi mendiskusikan topik penelitian (berdasarkan ringkasan proposal yang diajukan) dengan calon promotor secara tertulis melalui fasilitas komunikasi yang disediakan oleh sistem pendaftaran SMUP;
  5. Peserta mendiskusikan rencana penelitian melalui prosedur wawancara langsung di program studi yang dituju;
  6. Calon promotor memberikan penilaian terhadap proposal penelitian yang diajukan dan memberikan LoA;
  7. Program studi melakukan verifikasi terhadap ajuan LoA peserta;
  8. Peserta login secara berkala untuk melihat hasil akhir verifikasi LoA dari program studi;
  9. Jika ajuan LoA peserta tidak lolos, peserta mengajukan LoA baru (kembali ke proses nomor 2);
  10. Prosedur memperoleh LoA pada http://smup.unpad.ac.id/persyaratan-s3/ 

Calon-calon Promotor dan Bidang Keahlian (per Bulan November 2019) :

  1. sc.agr. Ir Agung Karuniawan, M.Sc.Agr. (Plant Genetic Resources for Tropical Crops, Plant Breeding, Neglected/Underutilized Crops)
  2. Agus Susanto, SP., M.Si. (Entomology)
  3. Dr. Ir. Benny Joy, M.S. (Soil Chemistry, Watershed Management, Land Use Planning)
  4. Ir. Danar Dono, M.Si. (Insect Physiology, Toxycology of Insecticides, Entomology, Plant-Insect Interaction,)
  5. Dr. Ir. H. Denny Kurniadie, M.Sc. (Weed Science, Organic Farming)
  6. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA (Agricultural Socio-Economic, Sociology Development, Sociology of Irrigation)
  7. Dr. Ir. Jajang Sauman Hamdani, M.S. (Horticulture Production)
  8. Ir. Lies Sulistyowati, M.S. (Agricultural Economics, Agricultural Development)
  9. Dr. Ir. H. Mahfud Arifin, M.S. (Soil Genesis and Classification, Land Evaluation, Soil Survey and Mapping)
  10. Ir. Mieke Rochimi Setiawati, M.P. (Soil Microbiology, Biofertilizer, Endophytic Microbes, Soil Biology, Organic Fertilizer, Biological Control of Plant Diseases)
  11. Nono Carsono, S.P., M.Sc.,Ph.D. (Plant Breeding, Molecular of Plant Breeding, Tissue Culture and Gene Transfer)
  12. Noor Istifadah, M.C.P., Ph.D. (Phytopathology, Biological Control, Micology, Endophytes, Biological Control of Plant Diseases)
  13. Pujawati Suryatmana, Dra., M.P. (Soil Biology and Biotechnology, Biofertilizer, Bioremediation, Soil Microbiology)
  14. Ir. Reginawanti, M.P. (Soil Biology and Biotechnology, N-fixing Bacteria, Remediation of Agriculture-Contaminated Land, Soil Microbilogy)
  15. Rija Sudirja, S.P., M.T. (Soil Science, Soil Resources)
  16. Ir. Rina Devnita, M.S., M.Sc. (Remediation of Volcanic Ash Soil, Soil Science, Soil Health and Crop Production)
  17. Ronnie Susman Natawidjaja, M.Sc., Ph.D. (Agricultural Economics, Institutional Economics, Agricultural Policy, Political Economics of Agriculture, Food Security)
  18. Ir. Ruminta, M.Si. (Agrometeorology, Atmosphere Science, Statistics)
  19. Ir. Sudarjat, M.P. (Insect Biological Control, Environmental Toxycology)
  20. rer. nat. Ir Suseno Amien (Molecular Biology, Plant Biotechnology, Tissue Culture, Isolation, Characterization Transformation Gene)
  21. Dr. Ir Tati Nurmala (Agronomy, Food Crop Science)
  22. Tomy Perdana, SP., M.M. (Agribusiness and Agroindustrial Dynamics, Competitive Strategy, Supply Chain Management, Entrepreneurship and System Dynamics Modelling, Agribusiness Cluster Development)
  23. Dr. Ir. Tualar Simarmata, M.S. (Soil Microbiology, Rice Intensification System, Bioprosessing Limbah Organik, Agricultural Sustainable Management)
  24. Ir. Tuti Karyani, MSP (Agricultural Finance)
  25. Dr. Ir. Warid Ali Qosim, M.P. (Plant Breeding)
  26. Dr. Ir. Yosini Deliana, M.S. (Agricultural Marketing, Enterpreuneur)
  27. Dr. Ir. Yuyun Yuwariah , M.S. (Multiple Cropping, Crop Production, Agricultural Sustainable Development)
  28. Ir. Iskandar, M.Si. (Aquaculture)
  29. Dr. Ir. Junianto , M.P. (Management of Fisheries of Industrial Technology, Fishery Product Processing Technology)
  30. Ir. Rita Rostika, M.P. (Aquaculture, Animal Nutrition)
  31. Dr. Ir. Zahidah , M.S. (Marine Productivity, Management of Marine Resources, Limnology/Planktonology, Waters Productivity)
  32. Dr. Dra. Zuzy Anna , M.Si. (Natural Resources Economic, Fisheries Economic, Fisheries and Mariene Resources Economic)

(Detil kepakaran dengan publikasi hasil penelitian dapat dilihat pada http://smup.unpad.ac.id/direktori-kepakaran/

 


Contact Us

Kampus Fakultas Pertanian Unpad
Jalan Raya Bandung-Sumedang km 21
Jatinangor Sumedang 45363 Monday - Friday 08:00 AM - 04:00 PM
Telp: (022) 7796316 / 7797321
Fax : 022 - 7796316
Email: dekan.faperta@unpad.ac.id

Peta Situs | Download