DESKRIPSI SINGKAT PROGRAM STUDI

Secara umum, Agribisnis Faperta Unpad mempelajari  agribisnis yang disruptif. Agribisnis berbagi (sharing) dan berkolaborasi (collaboration) berbasis komunitas dalam skema triple, penta dan multiple helix model.  Agribisnis yang bertransformasi dari korporasi menjadi komuniti yang inkluasi, ekologis, estetis dan syariah. Agribisnis yang adaptif dan antisipatif  dengan era revolusi industri 4.0 dan era bonus demografi. Serangkaian mata kuliah distrukturkan sebagai konstruktor kompetensi berbasis proyek (project based: perencanaan bisnis, kewirausahaan, inovasi dan estetika agribisnis, pengembangan masyarakat, riset dan pengembangan karya). Secara spesifik, PS Agribisnis mempelajari tentang : (1)  karakter dasar kemandirian dan kewirausahaan untuk membangun mental, jiwa korsa dan karsa; (2) sistem keilmuan pertanian (agrosains, biosains),  sistem sosial dan ekosistem pertanian dan pedesaan,  sistem produksi  pertanian dan rekayasa pertanian (usahatani, agroindustri, kelembagaan) untuk membangun kemampuan praktis pertanian (best practices); (3) ekosistem inovasi agribisnis, sistem agribisnis, sistem ekonomi dan sumberdaya, sistem pembangunan pertanian dan pedesaan berkelanjutan, serta metode pengembangan masyarakat untuk membangun kemampuan pemetaan pasar,  merencanakan wirausaha  agribisnis, kreasi dan inovasi agribisnis, merekayasa rantai pasokan, mengembangkan agribisnis internasional, serta mengembangkan masyarakat: regenerasi technotalent pertanian/pedesaan; (4)  aplikasi digital dalam agribisnis, aplikasi estetika (seni, design dan arsitektur) dalam agribisnis: sistem informasi agribisnis, negosiasi agribisnis dan virtual agribisnis; dan (5)  aplikasi metode dan alat analisis untuk penelitian dan pengembangan karya.


KEUNGGULAN PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

Program Studi Agribisnis Faperta Unpad mengembangkan model agribisnis disruptif yang mengkolaborasikan agribisnis inklusif, kreatif-inovatif, ekologis dan estetis yang berbasis komunitas dengan agribisnis berbasis korporasi dalam skema triple helix, penta helix dan multiple helix model. Melalui semua itu, akan dihasilkan  lulusan yang siap menjadi wirausaha dan manajer agribisnis yang siap merintis dan mengelola usaha agribisnis inovatif secara profesional dan mandiri. Lulusan yang siap menjadi pelaku pendidikan dan konsultan pertanian/agribisnis yang mampu menganalisis secara komprehensif multi-aspek sosial, ekonomi, teknologi dan ekologi pertanian/agribisnis. Lulusan yang siap menjadi birokrat  dan  perencana pembangunan yang mampu mendesain pengembangan usaha dan pembangunan pertanian/ agribisnis yang holistik. Lulusan yang siap menjadi pelaku pengembangan masyarakat yang siap berkolaborasi dan menginovasi metode pengembangan masyarakat. Juga siap menjadi generasi pemimpin lembaga pertanian/ agribisnis dan pedesaan yang inovatif dan  memiliki jiwa kepemimpinan transpormatif


Visi, Misi dan Tujuan Program Studi


Program Studi Agribisnis memiliki tiga tujuan: (1) menghasilkan sarjana agribisnis yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang tinggi dan beerkelanjutan; (2) memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang agribisnis; dan (3) memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan keberlanjutan pembangunan pertanian/ agribisnis yang mensejahterakan petani dan masyarakat, dengan mensinergikan komunitas petani, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat dan media melalui pemikiran, pendidikan, pengabdian dan penelitian.

 

Learning Outcome (LO) Lulusan, Kompetensi dan LO Semester Program Studi

Secara substantif,  Program Studi Agribisnis Faperta Unpad juga memiliki keunggulan kurikulum yang tidak dimiliki oleh program studi sejenis pada perguruan tinggi lain. Pertama, mengintegrasikan ilmu yang monodisiplin, interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin. Kedua, mengintegrasikan keilmuan dan kepraktisan (vocational); dan Ketiga, memiliki Program Pengembangan Bisnis dan Lingkungan  Usaha (Business and Enabling Environment Program/BEDP) yang bersifat by project terdiri dari 5 (lima) pilar kompetensi yang sekuensial, yakni: (1) membangun mental, jiwa korsa dan karsa;  (2) pemetaan pasar dan perencanaan bisnis;  (3) praktik kewirausahaan agribisnis (model bisnis rintisan: startup); (4) kreasi dan inovasi wirausaha agribisnis; (5) pengembangan masyarakat: regenerasi  technotalent pertanian dan pedesaan; (6) magang agribisnis profesional; dan  (7) riset dan pengembangan karya.


Profil Lulusan Program Studi Agribisnis


Struktur Kurikulum

Struktur mata kuliah disusun secara terintegrasi dengan Riset dan PKM Dosen, Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Program Pembinaan Kemahasiswaan BEM (Pertanian Praktis) dan Program Himpunan Keprofesian Mahasiswa (Agribisnis Praktis dan Latihan Dasar Keprofesian).  


Beberapa mata kuliah pokok dan pilihan didesain secara adaptif dan antisipatif terhadap perkembangan Ipteks, terutama revolusi industri 4.0, era bonus demografi dan era postmodern revolusi 5.0.



Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran senantiasa dievaluasi dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan generasi, termasuk untuk generasi Z yang sangat diwarnai perkembangan teknologi konvergensi (Gambar 1). Metode pembelajaran didesain secara terintegrasi dan berkelanjutan, dari mulai metode yang mono-disiplin, inter-disiplin, multi-disiplin sampai yang trans-disiplin. Secara kelembagaan, metode pembelajaran telah mengalami transformasi dari teaching center learning (TCL) ke student center learning (SCL), terutama dengan diadopsinya pendekatan focus group discution, small group discution, role play, discoveri learning, logical construction learning, self directed learning, cooperative learning, collaborative learning, contextual learning, simuation learning,  e-learning, project base learning dan problem base learning/inquiri. Khusus terkait dengan aplikasi ICT, metode pembelajaran tidak hanya e-learning, tetapi blanded method, pluralistic method, v-learning dan sm-learning yang terintegrasi dengan project base learning.



Daftar Dosen

No

Nama Dosen Tetap

1

Prof. Dr. Ganjar Kurnia, Ir. DEA

2

Prof. Dr. Maman H Karmana, Ir., MSc

3

Prof. Dr. Tuhpawana P Sendjadja, Ir., MSc

4

Dr., Lies Sulistyowati, Ir.,MS.

5

Prof. Dr. Yosini Deliana, Ir.,MS

6

Dr. Ronnie Susman Natawidjadja, Ir.,MSc.

7

Dr. Hepi Hapsari, Ir, MS.

8

Dr. Tuti Karyani, Ir.,MSP.

9

Dr. Dini Rochdiani, .Ir.,MS.

10

Dr. Lucyana Trimo, .Ir.,MSIE.

11

Dr. Trisna Insan Noor, , Ir.,DEA..

12

Dr. Eti Suminartika, Ir.,MSi

13

Dr. Elly Rasmikayati, .,Dra.,MSc

14

Dr. Tomy Perdana, . SP. MM. 

15

Dr. Iwan Setiawan, SP. MS.

16

Dr. Sri Fatimah, Ir, MAB.

17

Dr. Rer Pol. Ernah, SP, M.Si.

18

Dr. Eliana Wulandari, SP, MM

19

Ir. Yayat Sukayat. MSi.

20

Ir. Kuswarini Kusno, MsiE.

21

Endah Djuwendah. Ir.,M.Si.

22

Ir. M.Gunardi Judawinat, DEA.

23

Erna Rachmawati, SP., M.Si

24

Eddy Renaldi, SP, ME

25

Dika Supyandi, SP., MT., MDP.

26

Anne Charina, SP., MT.

27

Rani Andriani Budi Kusumo, SP, M.Si

28

Dhany Esperanza, SP, MBA

29

Sara Ratna Qanty, SP., S.Pd., M.Sc.

30

M. Arief Budiman, SE., ME

31

Dr. Zumi Saidah, SP, M.Si

32

Agriani Hermita Sadeli, SP, ME

33

Pandi Pardian, ST, MBA.

34

Dr. Ahmad Choibar, SP, MP

35

Gema Wibawa Mukti, SP, MP

36

Hesty Nurul Utami, SP, MM

37

Nur Syamsiah, SP., MP.

38

Mahra Arari Heryanto, S.T., M.T.

39

Sulistyodewi Nur Wiyono, SP., MP.

40

Adi Nugraha, SP., M.Sc.

41

Dr. Eka Purna Yudha, SP., MSi

 


 

Pengakuan Atas Program Studi Agribisnis


Prestasi Mahasiswa


Sarana dan Prasarana



Contact Us

Kampus Fakultas Pertanian Unpad
Jalan Raya Bandung-Sumedang km 21
Jatinangor Sumedang 45363 Monday - Friday 08:00 AM - 04:00 PM
Telp: (022) 7796316 / 7797321
Fax : 022 - 7796316
Email: dekan.faperta@unpad.ac.id

Peta Situs | Download