Pada dasarnya Prodi Agroteknopreuneur merupakan program pengembangan program studi vokasi di Universitas Padjadjaran yang terintegrasi dengan Pusat Unggulan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terapan (PUSPITEP) UNPAD yang didirikan berdasarkan SK Rektor Unpad No. 2013/UN6.RKT/Kep/HK/2016 yang diterbitkan pada tanggal 5 Desember 2016 untuk mengelola kawasan Kampus Arjasari (200 Ha) dan kawasan Balai Latihan dan Penelitian Lahan Sawah Ciparay (8 ha). Salah satu visi dari PUSPITEP tersebut adalah mendirikan Kampus unggulan inklusif dan berkelanjutan bagi penciptaan sumber daya manusia terampil dan inovatif berlandaskan bina mulia hukum dan lingkungan hidup. Untuk itu pengembangan kampus Arjasari dilakukan dengan pembentukan prodi S1 terapan Agroteknopreneur yang merupakan gabungan keilmuan dari 4 (empat) Fakultas dalam lingkup agrokompleks yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan serta Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Pada tahun ajaran 2019-2020 mahasiswa angkatan pertama prodi telah memulai aktivitas perkuliahan yang bertempat di kampus utama Jatinangor yang telah memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk mencapai tujuan pembelajaran mahasiswa.

Program Studi (prodi) S1 Terapan Agroteknopreuneur merupakan program studi yang memfokuskan penerapan teknologi pertanian terapan dalam proses dan manajemen produksi tanaman-ternak, pengolahan hasil pertanian-ternak dan penerapan bisnis berbasis pertanian-peternakan secara berkelanjutan guna menjembatani calon mahasiswa dengan berbagai stakeholders yang membutuhkan, terutama dunia industri dan dunia usaha. Program studi ini menampung minat calon mahasiswa di bidang pertanian untuk  menghasilkan sarjana terapan yang siap berbisnis sekaligus siap kerja.

Pada Prodi S1 terapan Agroteknopreneur, mahasiswa mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan produksi tanaman-ternak-ikan terintegrasi (pengelolaan lingkungan tumbuh tanaman (tanah, iklim, dan faktor biotik), produksi dan sertifikasi benih, produksi tanaman hortikultura organik dan konvensional, manajemen green house atau screen house), penanganan pasca panen, produksi ternak-ikan (pengelolaan usaha ternak-ikan, nutrisi ternak-ikan, kesehatan ternak-ikan, panen hasil ternak-ikan, pengelolaan limbah peternakan), agroindustri (pengolahan hasil pertanian, perikanan dan peternakan, teknologi pengemasan, alat dan mesin pertanian, dll.) serta ilmu-ilmu pendukung lainnya (kewirausahaan, bisnis, manajemen, dan aplikasi teknologi informasi) yang saat ini berkembang, sehingga mahasiswa menguasai pengetahuan, memiliki keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk menerapkan, mengelola dan mengembangkan usaha di bidang pertanian dan peternakan secara berkelanjutan.

Prodi S1 Terapan Agroteknopreuneur menerapkan kurikulum dengan mengacu pada KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) melalui berbagai upaya, studi literature, serangkaian lokakarya dan pengkajian, sehingga saat ini telah tersusun Kurikulum Pendidikan Tinggi Program Studi S1 Terapan  Agroteknopreuneur yang akan diimplementasikan mulai semester gasal 2019/2020. Prodi S1 Terapan Agroteknopreuneur juga mengimplementasikan metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL) guna memberikan bekal kompetensi hard-skills dan soft-skills. Mahasiswa mengikuti kuliah sebagian besar dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL), experiential learning, role play, real-world problem-solving, learning by being coach, learning by competing, dll.

Melalui berbagai metode pembelajaran yang diterapkan, mahasiswa dituntut untuk dapat mengatasi permasalahan, mencari alternative solusi dan mengambil keputusan secara cepat dan tepat melalui praktek kerja, praktikum, simulasi, pendampingan dan coaching oleh praktisi pada usaha-usaha di korporasi akademik bidang pertanian dan peternakan.  Semua metode pembelajaran ini diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa secara komprehensif mencapai kompetensi/capaian pembelajaran yang telah diharapkan melalui serangkaian praktek kerja, penugasan dan pemberian umpan balik yang konstruktif. Usaha membangun pusat incubator bisnis bagi mahasiswa dan alumni diharapkan akan lebih membumikan aktivitas bisnis para lulusan dan mahasiswa.

Prodi Agroteknopreuneur juga telah merumuskan kekhasan yang diusung yaitu Penerapan usaha pertanian terpadu yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yang merupakan penciri dan sekaligus digunakan sebagai arah dan bidang unggulan riset terapan dari program studi Agroteknopreneur.

Program Studi Agroteknopreneur, dengan mempertimbangkan dan memanfaatkan sumberdaya dan potensi yang dimiliki, telah merumuskan visi dan berupaya untuk mewujudkannya. Visi Program Studi Agroteknopreuneur adalah sebagai berikut:

Menjadi program studi yang unggul dalam penerapan inovasi teknologi dan bisnis di bidang pertanian terintegrasi “, sedangkan misi Program Studi Agroteknopreneur adalah: (a) Mendidik mahasiwa berfikir stategis, inovasi melalui penguatan mata kuliah economics, social, dan language science. (b) Mendidik mahasiswa terampil di bidang budidaya pertanian, peternakan, perikanan, dan teknologi pertanian sehingga dapat memenej suatu proses pertanian secara utuh dan komprehensif melalui praktek kerja di lahan percobaan dan lahan petani. (c) Mendidik mahasiswa terampil dalam berbisnis dengan memperkuat praktek kerja di perusahaan bisnis pertanian

Penyempurnaan  kurikulum sarjana terapan prodi Agroteknopreneur terus dilakukan dalam rangka mencapai visi prodi, salahsatunya adalah dengan mengikuti program Technical assistance SES Germany untuk pengembangan kurikulum sarjana terapan yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian UNPAD dengan narasumber Prof. Gerhard Flick dari Applied Science University Neubrandenburg-German. Gambaran petani negara maju seperti German akan menjadi salahsatu contoh keberhasilan pendidikan pertanian bagi Prodi Agroteknopreneur.     

 

  1. Screen house di lahan percobaan Ciparanje

Screen house di lahan percobaan Ciparanje

  1. Tempat praktek mahasiswa untuk pemasaran produk pertanian

Tempat praktek mahasiswa untuk pemasaran produk pertanian

  1. Supervisi kegiatan mahasiswa di lapangan oleh tenaga ahli kurikulum apllied science dari german

  1. Stadium General oleh Prof. Gerhard Flick untuk menambah wawasan mahasiswa prodi Agroteknopreneur bertempat di Gedung Student center Faperta

Stadium General oleh Prof. Gerhard Flick

  1. Lahan Percobaan mahasiswa


 

Contact Us

Kampus Fakultas Pertanian Unpad
Jalan Raya Bandung-Sumedang km 21
Jatinangor Sumedang 45363 Monday - Friday 08:00 AM - 04:00 PM
Telp: (022) 7796316 / 7797321
Fax : 022 - 7796316
Email: dekan.faperta@unpad.ac.id

Peta Situs | Download