Untuk menunjang penyelenggaraan proses pendidikan, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran dilengkapi berbagai fasilitas sarana dan prasaran perkuliahan, praktikum, dan penelitian. Sarana gedung perkuliahan dan penelitian terdapat di Kampus Unpad Jatinangor sedangkan lapangan percobaan terdapat di Arjasari dan Ciparay Kabupaten Bandung.

I. Gedung 

Fakultas Pertanian terletak di kawasan Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor, Kabupaten Sumedang.  Pada saat ini Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Padjadjaran (Unpad) mengelola enam gedung dengan total luasan sebesar 11.724 m2.  Gedung-gedung tersebut diperuntukkan sebagai ruang kuliah, ruang dosen, ruang administrasi, laboratorium, ruang sidang, dan lain-lain.  Sementara itu, untuk keperluan kegiatan penelitian, praktikum, dan ekstrakurikuler, Faperta Unpad memiliki fasilitas kebun percobaan, plasa, dan lapangan.
Dari luas yang di atas, sebanyak 9.195.92 m2 diantaranya digunakan sebagai ruang kuliah, ruang laboratorium, ruang dosen, ruang administrasi, ruang perpustakaan, dan ruang lainnya.  Bila dilihat dari rasio ideal luas bangunan dengan mahasiswa yaitu 1 mahasiswa sebanding dengan 6 m2, maka kebutuhan luas bangunan adalah 2300 mahasiswa x 6 m2 = 13.800 m2, walaupun belum ideal, kondisi luas bangunan saat ini dibandingkan dengan jumlah mahasiswa dirasakan sudah mencukupi.
Keberadaan fasilitas gedung tersebut sangat menunjang dalam kegiatan proses belajar mengajar.  Dari luasan gedung yang ada di Faperta Unpad, sebanyak 9.195.92 m2 diantaranya digunakan sebagai ruang kuliah, ruang dosen, ruang laboratorium, ruang administrasi, ruang perpustakaan, dan lain-lain. Bila dilihat dari rasio ideal luas bangunan dengan mahasiswa (1 : 6), maka kebutuhan luas bangunan adalah 13.800 m2. Dengan luasan bangunan yang dimiliki Faperta Unpad, kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik. Selain gedung-gedung di atas, Faperta Unpad juga menggunakan ruangan kelas yang berada di Gedung Kuliah Bersama yang pengelolaannya langsung dilakukan oleh Unpad.

II. Lahan Percobaan dan Rumah Kaca

Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran dalan menjalankan fungsinya sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas, memiliki fasilitas yang menunjang untuk kegiatan dosen, mahasiswa, dan masyarakat. Untuk menunjang kegiatan tersebut, Faperta Unpad mengelola lahan percobaan dan lahan penunjang kegiatan lainnya. Faperta Unpad mengelola kebun percobaan yang terletak di Arjasari Kabupaten Bandung, Ciparay Kabupaten Bandung, Ciparanje Kabupaten Sumedang, dan kebun percobaan (Rumah Kaca) yang terletak di sekita Kampus Faperta Unpad Jatinangor. Kebun percobaan dan rumah kaca tersebut digunakan untuk kegiatan praktikum, penelitian, dan unit kegiatan mahasiswa.

III. Laboratorium

Keberadaan fasilitas laboratorium sangat menunjang dalam kegiatan proses belajar mengajar di Faperta Unpad.Laboratorium yang dimiliki Faperta Unpad tertera pada tabel dibawah ini. Laboratorium-laboratorium tersebut biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan praktikum, kegiatan kuliah, dan kegiatan penelitian.Beberapa laboratorium telah melakukan kegiatan pengembangan bidang keilmuan terkait seperti :

  • pengembangan teknik kultur in vitro di laboratorium kultur jaringan,
  • pembuatan pestisida alami di laboratorium hama penyakit tumbuhan,
  • analisis DNA, rekayasa genetika, dan analisis tanaman di laboratorium analisis tanaman, dan
  • laboratorium ilmu tanah terkait dengan pengembangan mikroorganisme yang bermanfaat di bidang pertanian.

Selain itu juga terdapat fasilitas laboratorium komputer yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan terkait penguasaan materi software analisis data penelitian, Microsoft Office, dan kegiatan lainnya seperti searching dan pengerjaan tugas-tugas harian mahasiswa.
Secara umum, sarana fasilitas penunjang dapat dikatakan cukup memadai. Walaupun demikian, penambahan dan peningkatan alat dan fasilitas tetap dilakukan baik melalui kegiatan kerjasama, melalui dana riset kompetitif yang diperoleh dosen, maupun melalui program kegiatan peningkatan manajemen dan proses pendidikan secara kompetitif seperti program hibah Semi QUE, SP4, A2, A3 ataupun program B.

Tags