VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

Program Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian merupakan cikal bakal dari Program Pascasarjana yang ada saat ini di Universitas Padjadjaran. Program ini didirikan pada tanggal 23 Juli 1979 dan dikelola oleh Fakultas Pertanian.

Profil

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

Program Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian merupakan cikal bakal dari Program Pascasarjana yang ada saat ini di Universitas Padjadjaran. Program ini didirikan pada tanggal 23 Juli 1979 dan dikelola oleh Fakultas Pertanian.

Pada tahun 1983 pengelolaan Program Pascasarjana, termasuk di dalamnya Program Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian, dipindahkan kepada Fakultas Pascasarjana yang dipimpin oleh seorang Dekan. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0311/0/1991, pengelolaan Program Pascasarjana dipimpin oleh Direktur yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor.

Mulai tahun 2008/2009 pengelolaan Program Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian dikembalikan kepada Fakultas Pertanian untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa. Saat ini Program ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Fakultas Pertanian dan Universitas Padjadjaran, sehingga visi, misi, tujuan dan sasaran disusun selaras dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas dan Universitas.
Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian telah dikembangkan sejak berdirinya program ini melalui berbagai kegiatan dengan berbagai pihak, seperti pada forum diskusi dengan fakultas-fakultas pertanian se-Indonesia, mengundang tenaga ahli dari DIKTI untuk menjadi pembicara dalam seminar/lokakarya, studi banding ke luar fakultas atau menerima yang datang ke fakultas, diskusi dalam kerjasama rekruitmen lulusan dengan berbagai perusahaan (stakeholder), pertemuan dengan alumni (stakeholder), rapat-rapat rutin di fakultas (senat, fakultas, jurusan).
Dasar penyusunan visi, misi dan tujuan serta sasaran Program Pascasarjana Ilmu-ilmu Pertanian Unpad merujuk pada Pola Ilmiah Pokok UNPAD “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan hidup dalam Pembangunan Nasional” sebagai wahana landasan kerja multi dan interdisiplin, dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. Pola Ilmiah Pokok (PIP) ini merupakan suatu pendekatan sistem semesta berbagai kegiatan dalam meningkatkan suasana akademis di lingkungan Universitas Padjadjaran. Merujuk pada PIP, Unpad juga mempertimbangkan dan memperhatikan masukan dari masyarakat Jawa Barat melalui pemuka masyarakatnya. Selain itu berbagai masukan dari kalangan internal seperti dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni dalam kesempatan diskusi formal maupun informal dijadikan bahan pertimbangan bagi pembuatan renstra.
Dalam pengembangan berikutnya, tahun 2007 telah disusun Rencana Jangka Panjang Unpad (RJPU) untuk tahun 2007 - 2026 dengan empat tema strategis yaitu : (1) Penataan sistem manajemen dan mutu organisasi; (2) Peraihan kemandirian melalui pelayanan dan riset bermutu; (3) Peraihan daya saing global dan (4) Peraihan daya saing internasional.
Setiap tema stratejik pengembangan pendidikan tersebut diturunkan ke dalam program kerja Universitas Padjadjaran sesuai dengan kebijakan pembangunan jangka menengah, yang menekankan kepada tiga tantangan utama yaitu: (1) Pemerataan dan perluasan akses; (2) Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; dan (3) Peningkatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik.
Berdasarkan RJPU itu telah disusun Renstra Unpad empat tahunan, yaitu Renstra periode 2007–2011 : Menjadi Universitas Pembelajaran Unggul, 2012 - 2016 : Peraihan Kemandirian dan Riset Bermutu, 2017 – 2021 : Peraihan Daya Saing Regional (Regional Class University), dan 2022 - 2026 : Peraihan Daya Saing Internasional (Entrepreneural World- Class University). Renstra tersebut dibuat oleh tim penyusun dari Senat Universitas dan disahkan oleh Rektor yang bertindak sekaligus sebagai Ketua Senat Unpad. Renstra yang sekarang, sedang digunakan adalah Renstra tahun 2012 – 2016 yang disahkan dengan Surat Keputusan Rektor Unpad Nomor 3397/UN6.RKT/HK/2012 tanggal 11 September 2012. Penyusunan visi, misi, dan sasaran program studi Doktor Ilmu Pertanian mengacu pada Rencana Strategis dan Rencana Operasional Universitas Padjadjaran dan Fakultas Pertanian. Adapun mekanisme penyusunan visi, misi, dan tujuan program studi dilakukan sebagai berikut:
Dekan/ Ketua Senat Fakultas membentuk Pokja yang bertugas menyusun visi, misi, dan tujuan program studi doktor. Selanjutnya Dekan/ketua senat melaksanakan lokakarya dengan mengundang tenaga dosen/pendidik dan kependidikan, mahasiswa, alumni, dan stakeholders untuk memberikan masukan, merumuskan dan mengkritisi visi, misi, tujuan, dan sasaran (SK, Berita Acara dan Daftar Hadir). Kemudian draft hasil lokakarya penyusunan visi, misi, dan tujuannya dibahas oleh senat fakultas melalui rapat pleno untuk kemudian mendapatkan penyempurnaan dan pengesyahan (Kehadiran Rapat Senat dan Berita Acara).

A. Visi

Program Studi (PS) Doktor Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki visi:
Menjadi Program Studi Doktor Ilmu Pertanian bereputasi internasional melalui pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni berbasis keunggulan lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tahun 2026.

B. Misi

Sebagai penjabaran dari visi yang telah ditetapkan, disusun misi PS Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian yang menjadi acuan seluruh kegiatan, sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor ilmu pertanian melalui proses pembelajaran yang efektif dan efisien;
  2. Mengembangkan penelitian melalui jalinan kerjasama dengan berbagai pihak pada skala nasional dan internasional;
  3. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian melalui media komunikasi ilmiah nasional maupun internasional;

Menerapkan hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran, kegiatan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.

C. Tujuan

Tujuan dari penyelenggaraan PS Doktor Ilmu Pertanian ini adalah dihasilkannya lulusan doktor di Bidang Ilmu-ilmu Pertanian yang memiliki kualifikasi sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri dan berkompeten;
  2. Menghasilkan teknologi inovatif untuk memecahkan permasalahan bidang pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  3. Meningkatkan publikasi ilmiah nasional terakreditasi maupun internasional;
  4. Meningkatkan peran aktif dan kontribusi di dalam forum pertemuan ilmiah nasional dan internasional;
  5. Meningkatkan kontribusi dan pelayanan serta pengabdian kepada masyarakat.

1. Sasaran dan strategi pencapaian.

Sasaran dari penyelenggaraan PS Doktor Ilmu Pertanian ini adalah :

  1. Meningkatnya angka keketatan seleksi calon mahasiswa;
  2. Meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL>525);
  3. Lulusan dengan lama penyelesaian studi 3 tahun (AEE>30%);
  4. Lulusan dengan IPK > 3,8 dan sebesar 30 % lulus dengan predikat Cumlaude;
  5. Jumlah artikel publikasi di jurnal ilmiah nasional dan internasional (>50%);
  6. Meraih akreditasi unggul internasional;
  7. Meningkatnya penyelenggaraan pembelajaran bilangual;
  8. Terwujudnya tata kelola yang akuntabel, transparan, efektif dan efisien
  9. Meningkatnya perolehan HKI (paten, merk, cipta, PVT, indikasi geografis, desain industri, desain tata letak terpadu);
  10. Meningkatnya jumlah dosen dalam menulis bahan ajar, buku, monograf dan buku referensi;
  11. Meningkatnya kerjasama penelitian dengan institusi lain baik dalam maupun luar negeri;
  12. Meningkatnya visiting profesor, dosen tamu, keanggotaan profesi;
  13. Meningkatnya keikutsertaan seminar, workshop, pelatihan, dan sejenisnya bagi tenaga pendidik dan kependidikan;
  14. Meningkatnya kerjasama pelayanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  15. Meningkatnya jejaring dengan peneliti atau universitas luar negeri;
  16. Meningkatnya mahasiswa penerima beasiswa dan bantuan dana peneltian;
  17. Meningkatnya kerjasama penelitian dengan berbagai pihak secara nasional dan internasional;

Sebagai indikator dari pencapaian sasaran tersebut adalah mengacu kepada tujuan Unpad melalui periode:

  • 2007–2011 : Menjadi Universitas Pembelajaran Unggul
  • 2012 - 2016 : Peraihan Kemandirian dan Riset Bermutu
  • 2017 – 2021 : Peraihan Daya Saing Regional (Regional Class University)
  • 2022 - 2026 : Peraihan Daya Saing Internasional (Entrepreneural World- Class University).

Kebijakan untuk Mencapai Tujuan dan Sasaran pada periode ini (2010-2012), prioritas pengembangan ditekankan berdasarkan acuan tujuan Fakultas Pertanian yang akan dicapai (2010 – 2014) melalui strategi sebagai berikut:

Strategi 1 :

Pengembangan sistem manajemen mutu layanan pendidikan, jasa penelitian dan pengujian serta pengabdian kepada masyarakat
Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan PS Doktor Ilmu Pertanian membuat kebijakan, program dan kegiatan yang merupakan penjabaran dari tujuan dan sasaran yang ada. Kebijakan umum PS untuk mencapai tujuan tersebut adalah terwujudnya tata kelola yang akuntabel, transparan, efektif dan efisien.

Strategi 2 :

Pengembangan sistem pembelajaran yang memenuhi standar nasional
Kebijakan untuk Mencapai Tujuan dan Sasaran yang telah ditetapkan PS membuat kebijakan, program dan kegiatan yang merupakan penjabaran dari tujuan dan sasaran yang ada, yaitu:

  1. Meningkatnya angka keketatan seleksi calon mahasiswa, melalui promosi antara lain; penyebaran leaflet, website, pengiriman program-program pertukaran mahasiswa ke luar negeri (Contoh leaflet S3, halaman website fakultas dan pascasarjana, data yang mengikuti seminar, program Sandwich);
  2. Lulusan dengan lama penyelesaian studi 3 tahun (AEE>30%);
  3. Lulusan dengan IPK > 3,8 dan sebesar 30 % lulus dengan predikat Cumlaude;
  4. Meningkatnya penyelenggaraan pembelajaran bilangual;
  5. Meningkatnya visiting profesor, dosen tamu, keanggotaan profesi;
  6. Meningkatnya perolehan HKI (paten, merk, cipta, PVT, indikasi geografis, desain industri, desain tata letak terpadu);

Implementasi dari kebijakan tersebut adalah dengan melaksanakan:

  1. Pemanfaatan dan peningkatan TIK dalam bidang perpustakaan.
  2. Peningkatan peran mahasiswa dalam kegiatan forum-forum kajian dengan mengirimkan mahasiswa dalam berbagai event kegiatan ilmiah serta menyediakan dosen khusus pembimbing kelompok kajian mahasiswa.
  3. Menumbuhkembangkan budaya profesional dengan menyusun dan penetapan SOTK dan SOP yang mengarah kepada Pelayanan Publik Prima, mengsosialisasikan dan mengimplementasikan SOP Pelayanan Publik Prima dan mengupayakan peningkatan kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan.
  4. Optimalisasi pelayanan kampus dengan cara pendirian Taman Budaya Ilmiah Jatinangor dan penyediaan balai kesehatan masyarakat baik di Jatinangor maupun di Dipati Ukur.
  5. Optimalisasi peran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dalam kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pembangunan wilayah serta memperluas wilayah binaan dalam rangka pengabdian pada masyarakat.
  6. Pembangunan dan pengembangan laboratorium beserta peralatannya untuk menunjang kegiatan penelitian berkuatitas unggul.
  7. Peningkatan kuatitas ruang kuliah yang ada untuk kenyamanan dan keefektifan proses belajar-mengajar.
  8. Reorganisasi Pengelolaan Pascasarjana yang berbasis program studi untuk pendidikan dan penelitian.
  9. Peningkatan akademik atmosfir dengan menyelenggarakan seminar ilmiah, studium generale, ceramah ilmiah, lomba dan pameran ilmiah.
  10. Pengalokasian dana Hibah Penelitian Universitas dengan Menetapkan biaya dan jumlah judul penelitian yang akan dikompetisikan. Menerapkan konsep penelitian lintas bidang serta pelaksanaan kompetisi hibah penelitian.
  11. Peredefinisian konsep "Hanya Satu Unpad, Kemajuan untuk Semua dan Semua Maju" dengan menyelesaikan pembangunan kampus Unpad di Jatinangor.

Strategi 3 :

Peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

  1. Meningkatnya kerjasama penelitian, pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Jumlah publikasi dosen-mahasiswa dalam tiga tahun terakhir yaitu 141 atau rata-rata 47 publikasi karya ilmiah per tahun.

 

Strategi 4:

Pengembangan SDM (pendidikan dan kependidikan) untuk mendukung pengembangan kualitas layanan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan PS membuat kebijakan, program dan kegiatan yang merupakan penjabaran dari tujuan dan sasaran yang ada, yaitu:

  1. Meningkatnya keikutsertaan seminar, workshop, pelatihan, dan sejenisnya bagi tenaga pendidik dan kependidikan;
  2. Merancang, melaksanakan, dan menilai kualitas dan mengawasi keefektifan serta peningkatan proses belajar-mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  3. Mengintegrasikan kegiatan penelitian ke dalam proses pembelajaran.
  4. Meningkatkan jumlah dosen/peneliti yang meraih pengakuan nasional dan internasional (peningkatan kompetensi).
  5. Meningkatkan daya kompetitif lulusan dalam menghadapi persaingan dunia kerja.
  6. Meningkatkan kemampuan pendidik dan tenaga kependidikan.

Implementasi dari kebijakan tersebut adalah dengan melaksanakan:

  1. Meningkatkan kemampuan dalam perancangan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran.
  2. Pemberdayaan Tim Penjaminan Kualitas (Quality Assurance) dengan mengoptimalkan peran Tim Penjaminan Kualitas (Quality Assurance).
  3. Peningkatan kemampuan dosen membuat karya ilmiah dengan cara mengadakan pelatihan penulisan buku ajar.
  4. Pemberdayaan dosen untuk berinovasi dengan menyediakan dana hibah.
  5. Peningkatan partisipasi mahasiswa dan dosen dalam kegiatan penelitian, serta meningkatkan modifikasi metode pembelajaran dan bahan ajar.
  6. Perubahan metoda pembelajaran dengan cara menyelenggarakan student-centered learning secara bertahap dan memodifikasi metode pembelajaran dan bahan ajar untuk mengakomodasi pembelajaran berbasis penelitian.
  7. Pemetaan potensi bidang keahlian dosen/peneliti dan unit kerjanya.
  8. Ekspose hasil penelitian dosen/peneliti dengan penyediaan fasilitas untuk ekspose hasil penelitian dosen/pemeliti.
  9. Pengoptimalan peran dan fungsi Gugus HAKI dengan sosialisasi peran dan fungsi Gugus Haki serta memfasilitasi hasil-hasil penelitian untuk dipatenkan.

Strategi 5:

Pengembangan sarana dan prasarana penunjang sistem pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
Kebijakan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan PS membuat kebijakan, program dan kegiatan yang merupakan penjabaran dari tujuan dan sasaran meningkatnya kerjasama penelitian dengan institusi lain baik di dalam maupun luar negeri;
Implementasi dari kebijakan tersebut adalah dengan melaksanakan:

  1. Peningkatan peran mahasiswa dalam kegiatan forum-forum kajian dengan mengirimkan mahasiswa dalam berbagai event kegiatan ilmiah serta menyediakan dosen tamu.
  2. Pengembangan laboratorium berserta peralatannya untuk menunjang kegiatan penelitian berkuatitas unggul.
  3. Peningkatan kuatitas ruang kuliah yang ada untuk kenyamanan dan keefektifan proses belajar-mengajar.
  4. Reorganisasi Pengelolaan Pascasarjana kepada fakultas.
  5. Peningkatan akademik atmosfir dengan menyelenggarakan seminar ilmiah, studium generale, ceramah ilmiah, lomba dan pameran ilmiah.
  6. Peningkatan jumlah judul penelitian yang akan dikompetisikan.
  7. Menerapkan konsep penelitian lintas bidang serta pelaksanaan kompetisi hibah penelitian.

Strategi 6 :

Peningkatan akses/pendanaan investasi, pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan kemahasiswaan dari berbagai sumber (nasional/internasional) yang berbasis kompetitif dan kemitraan
Kebijakan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan PS membuat kebijakan, program dan kegiatan yang merupakan penjabaran dari tujuan dan sasaran meningkatnya penerima beasiswa dan bantuan dana penelitian mahasiswa;
Implementasi dari kebijakan tersebut adalah dengan melaksanakan:

  1. Pengidentifikasian mitra kerjasama yang prospektif dan potensial.
  2. Penjalinan kerjasama.
  3. Sosialisasi hasil kesepakatan kerjasama.
  4. Implementasi butir-butir kerjasama kedalam aktivitas nyata.
  5. Penyusunan dan penetapan SOP kerjasama.

Strategi 7 :

Peningkatan citra fakultas pertanian kepada stakeholders
Kebijakan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan PS membuat kebijakan, program dan kegiatan yang merupakan penjabaran dari tujuan dan sasaran, yaitu meningkatnya kerjasama penelitian dengan berbagai pihak (Bukti MoU/SPK) dan menghasilkan alumni yang berdaya saing dan eksis di masyarakat (Tracer study);
Implementasi dari kebijakan tersebut adalah dengan melaksanakan:

  1. Peningkatan kerjasama dengan Ikatan Alumni.
  2. Pengelolaan dan pemutakhiran website.
  3. Pendorongan kelompok kajian yang relevan untuk mengartikulasikan pendapat PS terhadap isu-isu dunia.

2. Sosialisasi 

Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.
Visi dan misi program Studi disosialisasikan dengan sistematis dan berkelanjutan kepada semua pemangku kepentingan baik internal maupun eksternal. Sosialisasi ini menggunakan beragam media melalui komunikasi langsung/kegiatan, media cetak, elektronik, social media dan media luar ruang, tergantung audience yang dihadapi. Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan dilakukan melalui kegiatan sebagai berikut:
A. Penyebaran/ sosialisasi dilakukan melalui:

  1. Pencetakan dan penyebaran leaflet
    • Leaflet disebarkan di lingkungan kampus dan diluar kampus. Di lingkungan kampus, leaflet diberikan kepada calon mahasiswa dan mahasiswa baru sebagai upaya meningkatkan pemahaman mengenai PS Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian. Diluar kampus, leaflet disebar ke berbagai instansi pemerintah dan swasta, universitas, lembaga penelitian, dan melalui alumni. Selain itu leaflet juga disebarkan pada saat dilaksanakannya berbagai kegiatan di kampus.
  2. Melalui Web dan buku Panduan
    • Visi, misi dan tujuan program studi disosialisasikan melalui web-site UNPAD (unpad.ac.id) dan fakultas (faperta.unpad.ac.id). Selain itu, terpadat juga pada buku Panduan Penyelenggaraan Fakultas Pertanian yang dipublikasikan setiap tahun.
  3. Seminar, Lokakarya, dan studi banding
    • Visi, misi, sasaran dan tujuan program studi juga disosialisasikan dalam pertemuan rutin dan lokakarya pada awal semester, berbagai kegiatan lokakarya dan seminar, serta kegiatan studi banding.
  4. Rapat-rapat Fakultas, Jurusan, dan Program Studi
    • Sosialisasi dilakukan pada pertemuan rutin setiap bulan di fakultas (senat dan fakultas), jurusan dan program studi. Sosialisasi melalui kegiatan ini cukup fektif karena di lakukan setiap bulan dan dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan.
  5. Pemasangan Banner
    • Banner yang bertuliskan visi, misi dan tujuan dipasang di beberapa tempat strategis di dalam kampus, seperti di gedung Dekanat, depan ruang Ketua PS, dan Gedung Pascasarjana kampus Dipati Ukur (membuat leaflet dan banner).
  6. Media Facebook dan Milist (pasca-unpad)
    • Visi, misi dan tujuan program studi disosialisasikan melalui media facebook dan milis mahasiswa pascasarjana unpad.

B. Pemahaman Civitas Akademika (Kuesioner dan olahannya).

  1. Tenaga Pendidik/ Dosen
    • Untuk meningkatkan pemahaman tenaga pendidik/ dosen terhadap visi, misi, tujuan dan sasaran PS, dilakukan dilakukan melalui pertemuan/ lokakarya/ rapat yang dilaksanakan pada awal semester.
  2. Mahasiswa
    • Pemahaman visi, misi, tujuan dan sasaran kepada mahasiswa selalu dilakukan setiap tahunnya terutama pada awal semester melalui pertemuan dengan mahasiswa baru.
  3. Tenaga Kependidikan

Sosialisasi ke tenaga kependidikan dilakukan secara langsung oleh PD 1, PD 2, dan PD 3 sesuai bidang yang ditangani/dibawahinya dalam memfasilitasi pencapaian rencana strategis fakultas.

Tags