VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

1.1 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

1.1.1 Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.
Proses penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian Program Studi Agronomi/Ilmu Tanaman dirumuskan oleh Tim Penyusun Rencana Strategis (Renstra) Fakultas yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Pertanian UNPAD (Terlampir). Kemudian tim menjaring masukan dengan membagikan draft yang berisi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian untuk memperoleh masukan dari staf pendidik, Kepala Laboratorium, staf kependidikan, stakeholders (alumni, staf instansi pemerintah dan swasta) dan mahasiswa (Badan Perwakilan Mahasiswa/BPM, Badan Eksekutif Mahasiswa/BEM, dan himpunan mahasiswa/Hima). Masukan ditampung guna memperbaiki draft. Selanjutnya Kaetua Program Studi mengajukan draft tersebut ke Senat Fakultas Pertanian UNPAD untuk memperoleh pengesahan.

Visi program studi
Menjadi Program Studi Agronomi/Ilmu Tanaman yang Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pertanian Kelas Dunia pada tahun 2026

 


Kurikulum | Dosen | Pendaftaran | Leaflet


 

Visi Program Studi Magister Ilmu Tanah

Program Studi Magister Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran merumuskan visi sebagai berikut “Menjadi Program Studi Magister Ilmu Tanah yang memiliki keunggulan dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah serta penyelenggaraan pendidikan bereputasi Internasional tahun 2024”.

Misi Program Studi Magister Ilmu Tanah

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah serta penyelenggaraan pendidikan bereputasi Internasional tahun 2024.
  2. Menyelenggarakan Penelitian yang fokus dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah. Mengelola program pendidikan secara professional, akuntabel, dan aspiratif terhadap permasalahan lokal, nasional dan internasional, serta memiliki keunggulan mendalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang fokus dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah.
  4. Menyelenggarakan kerjasama pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,dan inovasi dengan berbagai pihak, seperti industri, instansi pemerintah, swasta, universitas, pusat-pusat penelitian, masyarakat umum, dan media, baik di dalam maupun luar negeri.
  5. Menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan inovasi melalui media komunikasi ilmiah nasional maupun internasional.
  6. Menerapkan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam pembelajaran, kegiatan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat.