Sejalan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi, maka selain menyelenggarakan kegiatan yang bersifat akademik, Fakultas Pertanian juga aktif dalam mengembangkan penelitian dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium di lingkungan Fakultas Pertanian telah mengembangkan berbagai penelitian untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang sesuai dengan payung penelitian yang dikembangkan oleh masing-masing Program Studi.
Penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan dibiayai melalui dana yang bersifat kompetitif antara lain dari Hibah Internal Unpad (HIU) Unpad dan Hibah Riset Dikti. Selain berasal dari sumber-sumber pendanaan rutin yang bersifat kompetitif, penelitian dosen Fakultas Pertanian juga dilakukan dengan sumber dana yang berasal dari kerjasama dengan Instansi pemerintah maupun swasta yang relevan dengan bidang keilmuan masing-masing departemen.
Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh staf pengajar Fakultas Pertanian pada umumnya melibatkan mahasiswa. Hal ini sangat berarti dapat membantu dan mempersingkat penyelesaian tugas akhir serta menurunkan lama studi mahasiswa.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian integral tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari dua dharma yang lain serta melibatkan segenap sivitas akademik: dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan serta alumni. Secara filosofis, PKM merupakan wujud konkrit dari penerapan ilmu (axiology) yang bersifat siklus (cyclic) atau umpan balik (feed back), sehingga “jika dilaksanakan dengan baik, benar, sistematis dan konsisten (sesuai peta jalan dan rencana strategis)”, maka hasilnya bukan hanya memberdayakan dan memandirikan masyarakat serta menguatkan daya saing bangsa, tetapi akan semakin membangun (mengkonstruksi) dan menguatkan pendidikan dan penelitian. Secara teoretis maupun praktis, PKM potensial dilakukan dalam satu bidang ilmu (monodisiplin), antar bidang ilmu serumpun (interdisiplin), ragam bidang ilmu terkait (multidisiplin) dan antar bidang ilmu yang berlainan (transdisiplin), sehingga dapat mengintegrasikan dan mensinergikan seluruh potensi institusi dalam ikatan (bonding) kerja sama inter dan antar pelaku keilmuan. Secara praktis, PKM bersifat umum, artinya dapat diterapkan dan dilaksanakan dalam berbagai ruang dan masyarakat (baik di perkotaan, di pinggiran perkotaan maupun di pedesaan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri), dapat dilaksanakan secara mandiri atau melalui kerja sama dengan berbagai pihak terkait (mitra atau stakeholders), serta dapat dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa.

Contact Us

Kampus Fakultas Pertanian Unpad
Jalan Raya Bandung-Sumedang km 21
Jatinangor Sumedang 45363 Monday - Friday 08:00 AM - 04:00 PM
Telp: (022) 7796316 / 7797321
Fax : 022 - 7796316
Email: dekan.faperta@unpad.ac.id

Peta Situs | Download